get app
inews
Aa Read Next : Biaya HUT RI di IKN Tembus Rp87 Miliar, Tahun Lalu di Jakarta Hanya Rp53 Miliar

Jelang HUT ke-79 RI di IKN, Bandara SAMS Sepinggan Tertibkan Penjemputan Penumpang ke Gedung Parkir

Jum'at, 26 Juli 2024 | 17:42 WIB
header img
Jelang HUT RI di IKN, pengelola Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan di Balikpapan telah memindahkan lokasi penjemputan penumpang ke area parkir kendaraan. (Foto: Humas Bandara SAMS Sepinggan)

BALIKPAPAN, iNewsBalikpapan.id - Untuk mendukung kelancaran kedatangan tamu VVIP, termasuk Presiden Joko Widodo, dalam rangka upacara HUT ke-79 Kemerdekaan RI di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, pengelola Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan di Balikpapan telah memindahkan lokasi penjemputan penumpang ke area parkir kendaraan.

Langkah ini bertujuan untuk memastikan bahwa area terminal dapat digunakan untuk kepentingan tamu VVIP selama acara berlangsung.

General Manager Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan, Ahmad Syaugi Shahab, mengumumkan bahwa mulai 25 Juli 2024, penjemputan penumpang akan dialihkan ke gedung parkir bandara. Kebijakan ini diterapkan untuk sebagian besar penumpang guna mengakomodasi persiapan kedatangan tamu VVIP.

Namun, ada pengecualian untuk beberapa kategori, termasuk angkutan darat yang bekerja sama dengan bandara, shuttle bus, kru, penumpang dengan disabilitas, dan tamu VIP. Keputusan ini diambil untuk memastikan kelancaran dan kenyamanan semua pihak yang terlibat selama acara besar ini.

“Kecuali untuk angkutan darat yang bekerja sama dengan bandara, shuttle bus, kru, penumpang disabilitas hingga tamu VIP,” katanya, Kamis (25/7/2024).

Ahmad Syaugi Shahab menjelaskan bahwa kendaraan yang masuk dalam pengecualian kebijakan penjemputan di gedung parkir, seperti shuttle bus, kru, penumpang dengan disabilitas, dan tamu VIP, diimbau untuk tidak berhenti lebih dari 3 menit dan tidak meninggalkan kendaraannya tanpa pengawasan.

Kebijakan ini juga mempertimbangkan posisi strategis Bandara SAMS Sepinggan sebagai pintu gerbang Kalimantan Timur, khususnya menuju IKN Nusantara, yang diperkirakan akan menjadi jalur utama kedatangan tamu VIP dan VVIP untuk upacara bendera pada 15-16 Agustus 2024.

Bandara SAMS Sepinggan memiliki lahan seluas 74.358 m², dengan kapasitas gedung parkir yang mampu menampung 1.506 mobil dan 828 sepeda motor. Sementara itu, area parkir terbuka seluas sekitar 10.128 m² mampu menampung 227 kendaraan roda empat dan 8 bus. Kebijakan dan infrastruktur ini disiapkan untuk mendukung kelancaran arus transportasi selama peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI di IKN.

Editor : Mukmin Azis

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut