get app
inews
Aa Read Next : Kabar Baik! IKN Dibuka untuk Umum Mulai Besok, Begini Tata Cara Berkunjungnya

Pembangunan IKN Terus Berlanjut Jelang Upacara HUT RI, Begini Progresnya

Jum'at, 09 Agustus 2024 | 10:50 WIB
header img
Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) terus berlangsung menjelang upacara HUT ke-79 Republik Indonesia. (Foto: Dok. Kementerian PUPR)

JAKARTA, iNewsBalikpapan.id - Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) terus berlangsung menjelang upacara HUT ke-79 Republik Indonesia.

Ketua Satgas Pelaksana Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis Sumadilaga, memastikan bahwa sarana dan prasarana dasar seperti lapangan upacara, kantor presiden, serta infrastruktur air sudah terakomodasi dengan baik menjelang upacara yang akan digelar pada Jumat (9/8/2024). 

Pembangunan tersebut diprioritaskan untuk mendukung pelaksanaan acara penting ini di ibu kota baru.

Saat ini kapasitas air di Intake Sepaku mencapai 3.000 liter per detik, sementara Bendungan Sepaku Semoi mencapai 2.500 liter per detik. 

Tahap pertama sumber air baku yang akan dialirkan ke IKN bersumber dari Intake Sepaku terlebih dahulu. Secara teknis, penyaluran air baku ini akan menjadi air siap minum melalui proses pengolahan kemudian dialirkan ke pusat pemerintah IKN.

Kemudian, tiga ruas Jalan Tol Akses IKN juga ditargetkan mulai fungsional pada 17 Agustus 2024 mendatang. Rinciannya, Jalan Tol IKN Seksi 3A saat ini progres pembangunan telah mencapai 81,8 persen, Lalu, Tol IKN Seksi 3B mencapai 93,8 persen, dan Seksi 5A progresnya mencapai 89,8 persen. 

Editor : Mukmin Azis

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut