get app
inews
Aa Read Next : Kabar Baik! IKN Dibuka untuk Umum Mulai Besok, Begini Tata Cara Berkunjungnya

Dukung Pembangunan IKN, PLN UIP KLT Operasikan Trafo Suplai Listrik IKN

Senin, 16 September 2024 | 22:29 WIB
header img
PLN UIP KLT operasikan trafo guna mendukung kelistrikan di Ibu Kota Nusantara. (Foto: ist)

BALIKPAPAN, iNewsBalikpapan.id - PLN UIP Kalimantan Bagian Timur (KLT) terus menunjukkan komitmennya dalam mendukung pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) melalui peningkatan keandalan suplai listrik dengan menggunakan energi hijau.

PLN berhasil mengoperasikan Trafo #2 Gas Insulated Switchgear (GIS) 4 IKN, yang menjadi pencapaian penting dalam mendukung kelistrikan di IKN. Pengoperasian trafo ini dilakukan dengan aman dan lancar, memperkuat keandalan suplai listrik di wilayah tersebut.

General Manager PLN UIP KLT Raja Muda Siregar menyampaikan bahwa pada saat perhelatan Upacara Kemerdekaan HUT ke-79 RI lalu, GIS 4 IKN telah beroperasi dengan 1 unit trafo dan selama kegiatan berlangsung kondisinya sangat prima. Sedangkan saat itu, PLN UIP KLT juga tengah menyelesaikan pekerjaan untuk penyambungan pada trafo #2.

“Walaupun dengan 1 trafo suplai kelistrikan berjalan lancar, tetapi GIS 4 IKN dibangun dengan 2 trafo tenaga yang masing-masing berkapasitas 60 MVA. Hal ini bertujuan untuk menyuplai energi listrik ke IKN pada tahap awal seperti pelaksanaan upacara bendera, kegiatan pemerintahan di istana negara dan untuk kebutuhan proses konstruksi dari berbagai pihak yang turut melakukan pembangunan di IKN,” terang dia. 

Dengan dua trafo berkapasitas masing-masing 60 MVA, GIS 4 IKN diharapkan mampu memenuhi kebutuhan listrik pada tahap awal pembangunan IKN, termasuk kegiatan pemerintah dan konstruksi. PLN juga sedang menyiapkan berbagai proyek energi hijau seperti PLTS, PLTB, dan PLTA untuk menjamin pasokan listrik di masa depan.

Raja menambahkan bahwa kegiatan energize dan pengoperasian Trafo #2 GIS 4 IKN ini dilaksanakan sejak Kamis (05/09) dan dilakukan sesuai dengan standar operasi prosedur (SOP) yang berlaku. Hal ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat anomali atau tidak selama pemberian tegangan ke trafo. Jika tidak, maka akan dilanjutkan dengan pemberian beban dan siap beroperasi. 

“Alhamdulillah, kegiatan energize Trafo #2 GIS 4 IKN berhasil dilakukan tanpa mengganggu sistem kelistrikan eksisting dan siap beroperasi untuk melayani seluruh pelanggan di IKN,” jelasnya.

PLN UIP KLT terus mendukung dan selalu memastikan ketersediaan energi hijau, stabil dan berkelanjutan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan pembangunan di IKN dengan prinsip Green, Beautiful dan Smart.

“Saat ini, PLN tengah menyiapkan kebutuhan terkait penyediaan energi listrik di IKN untuk masa yang akan datang dengan penyediaan Under Ground Cable (UGC) baik tegangan tinggi, tegangan menengah dan tegangan rendah, penyelesaian pembangunan PLTS IKN 50 MW, serta rencana pembangunan pembangkit listrik PLTB 70 MW dan PLTA 1000 MW. Hal itu dilakukan untuk memastikan seluruh kebutuhan listrik di IKN dapat terakomodir dengan kualitas yang sangat baik," ujar Raja.

Raja juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang terlibat dalam setiap pekerjaan dan penyediaan tenaga listrik untuk melayani Ibu Kota Nusantara. Seperti dukungan dari para penyedia jasa untuk memberikan sumber daya manusia (SDM) dan peralatan kerja yang memadai, selain itu dukungan dari stakeholder baik di tingkat daerah hingga pusat, serta pendampingan dan pengawasan dari Aparat Penegak Hukum untuk kelancaran proses pekerjaan.

Editor : Mukmin Azis

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut