get app
inews
Aa Read Next : Kasasi Johnny G Plate Ditolak MA, Hukuman 15 Tahun Penjara Tak Berubah

Ancaman Megathrust, Kominfo Bangun Sistem Peringatan Bencana

Selasa, 01 Oktober 2024 | 19:38 WIB
header img
Megathrust Mengintai, Kominfo Bangun Sistem Peringatan Bencana. (Foto: ist)

JAKARTA,iNewsBalikpapan.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah meresmikan Early Warning System (EWS), sebuah sistem yang dirancang untuk memberikan peringatan dini saat terjadi bencana alam. Tujuan utama dari sistem ini adalah untuk mengurangi jumlah korban jiwa dan kerugian materi dengan memberikan informasi cepat kepada masyarakat sebelum bencana terjadi.

Seperti sudah diketahui, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan potensi Megathrust di Selat Sunda dan Mentawai-Siberut. Mereka memperkirakan bakal terjadi Tsunami besar apabila gempa tersebut terjadi.

Kesigapan dari pemerintah menjadi kunci utama menghadapi bencana ini. Salah satu caranya adalah dengan memberikan peringatan dini.

"Kesiapsiagaan terhadap bencana harus menjadi perhatian bersama karena searah dengan kondisi geografis Indonesia, Kementerian Kominfo telah membangun informasi kebencanaan berupa Early Warning System (EWS). Ini mengintegrasikan sistem kebencanaan kementerian/lembaga/daerah (KLD). Menyediakan informasi bencana dengan penyelenggaraan telekomunikasi dan penyiaran," kata Menkominfo Budi Arie Setiadi, di Kantor Kominfo, Selasa (1/10/2024).

Sistem peringatan bencana alam itu hasil kerja sama dengan pemerintah Jepang yang telah mengembangkan hal tersebut di negaranya. Bahkan, Kominfo diberikan secara gratis oleh pemerintah Jepang terkait sistem peringatan tersebut.

"Pemerintah (Indonesia) bekerjasama dengan pemerintah Jepang melalui JICA terkait hibah Disaster Prevention Information System atau DPIS yang berfungsi untuk memberikan informasi bencana secara realtime kepada petugas di lapangan berbasis komputer maupun on-chain," kata Menkominfo. 

Editor : Mukmin Azis

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut