get app
inews
Aa Read Next : Kapal Angkut 37 Orang Tenggelam di Tengah Laut Mamuju, Diterjang Gelombang Tinggi

Berpegangan Kayu dan Jeriken 2 Hari, 14 Korban KM Ladang Pertiwi Ditemukan Selamat

Minggu, 29 Mei 2022 | 23:30 WIB
header img
Warga mengevakuasi salah satu penumpang KM Ladang Pertiwi 02 yang tenggelam di Selat Makassar. Foto: MPI/udin Syahruddin

PANGKEP, iNews.id – Sebanyak 14 penumpang kapal motor (KM) Ladang Pertiwi 02 yang tenggelam di Selat Makassar ditemukan selamat, Minggu (29/5/2022). Belasan penumpang itu kemudian dievakuasi perahu nelayan dan KRI setelah dua hari terombang-ambing di laut.

 Saat ditemukan, belasan penumpang itu hanya berpegangan kayu triplek dan jeriken kosong di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep). Mereka terombang-ambing di tengah lautan selama dua hari sejak kapal nahas itu dinyatakan hilang dan tenggelam, Jumat (27/5/2022).

Dengan demikian, korban kapal tenggelam KM Ladang Pertiwi yang telah ditemukan dalam keadaan selamat  yakni berjumlah 31 orang dari total 49 orang yang terdiri atas nakhoda, ABK dan penumpang. Kapolsek Kalmas, AKP Rusli mengatakan 10 korban ditemukan pada pukul 10.30 wita di perairan Pangkep.

"10 korban ditemukan Minggu tanggal 29 Mei 2022, sekitar jam 10.30 Wita," katanya.

Korban ditemukan di Taka Pitu sebelah utara perairan Pulau Pammantauang berjarak 50 mil Desa Pammas Kecamatan Liukang Kalmas. "10 orang korban selamat yang terdiri dari  penumpang, nahkoda dan ABK Kapal KM Ladang Pertiwi," ujarnya.

Ke-10 korban diselamatkan oleh kapal nelayan asal Pulau Jawa pada saat mencari ikan di perairan tersebut. "Para korban tersebut bertahan dan tetap mengapung dengan menggunakan potongan papan kayu kapal dan jerigen kosong pasca kejadian KM Ladang Pertiwi tenggelam," katanya.

Editor : Mukmin Azis

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut