get app
inews
Aa Read Next : Gedung 16 Lantai di Turki Terbakar, 27 Tewas

Türkiye Nama Baru Negara Turki

Jum'at, 03 Juni 2022 | 14:03 WIB
header img
Türkiye diresmikan PBB sebagai nama baru negara Turki. Foto: Reuters

NEW YORK, iNews.id - Turki resmi mengubah nama negara di PBB dari Turkey menjadi Türkiye (dibaca: Turkiyeh). Bagi masyarakat Turki ini bukan hal yang baru sebab telah digunakan sejak pendirian negara pada 1923 atau pascaruntuhnya Kesultanan Utsmaniyah.

Presiden Recep Tayyip Erdogan meminta jajarannya mengajukan perubahan nama baru Turki ke PBB pada musim dingin lalu.

Seorang juru bicara PBB mengatakan, Menteri Luar Negeri (Menlu) Turki Mevlut Cavusoglu mengajukan surat pengajuan perubahan nama yang diterima PBB pada Rabu (1/6/2022) dan segera berlaku. Erdogan menunjukkan ketidaksukaan dengan nama Turkey pada Desember 2019 saat meluncurkan prototipe mobil listrik buatan dalam negeri.

Dia menekankan produk dalam negeri harus dipasangi tulisan 'Made in Türkiye', bukan 'Made in Turkey'. Dua tahun kemudian, Erdogan mengeluarkan memorandum yang menyebutkan penggunaan Türkiye lebih mewakili budaya dan sejarah Turki sehingga harus digunakan sebagai nama negara dalam semua bahasa.

Setelah memorandum tersebut, banyak lembaga publik dalam negeri mulai menggunakan Türkiye. Beberapa negara asing juga mulai menggunakan nama baru itu.

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut