get app
inews
Aa Read Next : Turis Perempuan Asal Spanyol Diperkosa Beramai-ramai saat Bersepeda Keliling Dunia Bersama Suami

Juni 2022 Harga Batu Bara Naik 17 Persen, Ini Alasannya

Minggu, 05 Juni 2022 | 09:19 WIB
header img
Harga Batu Bara Acuan (HBA) bulan Juni 2022 naik 17 persen menjadi 323,91 dolar AS per ton dari 275,64 dolar AS per ton.. Foto: Shutterstock

JAKARTA, iNews.id - Bulan Juni 2022 harga Batu Bara Acuan (HBA) naik 17 persen menjadi 323,91 dolar AS per ton dari 275,64 dolar AS per ton. Hal ini disebabkan krisis listrik yang menimpa India akibat gelombang hawa panas dan turut mengerek permintaan batu bara Indonesia.

"Pemerintah India telah meningkatkan jumlah impor batu bara dikarenakan ketatnya suplai batu bara dari produsen domestik untuk pembangkit listriknya," ujar Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama Kementerian ESDM Agung Pribadi dikutip, Minggu (5/6/2022).

Selain dari India, nilai HBA juga masih dipengaruhi atas kondisi kebutuhan batu bara China. "Permintaan mereka juga naik lantaran PLTU di sana mulai menumpuk stok batu bara untuk musim gugur. Apalagi adanya kebijakan penghapusan pajak impor batu bara di Tiongkok (China) selama sembilan bulan ke depan," kata dia.

Faktor penting lain adalah kondisi geopolitik Eropa imbas konflik Rusia - Ukraina. Uni Eropa mengeluarkan kebijakan akan menyetop impor batu bara dari Rusia efektif mulai bulas Agustus mendatang. "Pembeli dari Eropa mulai aktif mencari pasokan batubara dari Asia," ucap Agung.

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut