Ini Daftar Negara yang Paling Sulit Dikunjungi Untuk Berwisata

Amy Heppy S
Daftar negara yang sulit dikunjungi oleh wisatawan. (Foto: Ilustrasi/Pixabay.com)

JAKARTA, iNews.id – Jika Anda sedang berencana plesir ke luar negeri, sepatutnya lebih dulu menyimak daftar negara yang sulit dikunjungi oleh wisatawan berikut ini. Beberapa negara diketahui memiliki kebijakan yang sangat sulit dalam mengeluarkan visa bagi wisatawan.

Kebijakan tersebut didasari oleh sejumlah alasan, misalnya karena faktor keamanan dan politik. Selain itu, adapula negara dengan pemerintahan di bawah rezim totaliter yang menutup diri dari dunia luar dan tentunya tidak mudah untuk dikunjungi.

Lalu, negara mana saja yang paling sulit dikunjungi oleh wisatawan? Berikut ulasan iNews.id.

Negara Paling Sulit Dikunjungi Untuk Berwisata

1. Turkmenistan

Negara di Asia Tengah ini termasuk negara yang paling jarang dikunjungi di dunia karena kebijakan visanya yang sangat ketat. Hanya orang-orang Kazakhstan, Uzbekistan, dan memiliki paspor diplomatik yang dapat dengan mudah mengunjungi Turkmenistan.

Jika Anda tidak termasuk dalam kategori tersebut, maka paling tidak memiliki sponsor yang bisa menyediakan LOI (surat undangan). Proses pengurusan izin dokumen itu pun bisa memakan waktu 20 hari lamanya.

2. Afghanistan

Situasi politik di Afghanistan saat ini menyebabkan warga asing menjadi sangat sulit untuk masuk ke negara itu.  Bahkan banyak negara yang pemerintahnya menyarankan warganya agar tidak bepergian ke Afghanistan, karena situasi di sana dianggap tidak aman.

Karena itu, kedutaan cenderung enggan memberikan visa demi keselamatan warganya yang ingin berkunjung ke Afghanistan.

Anda bisa dibebaskan dari pengajuan visa apabila memiliki paspor diplomatik yang dikeluarkan oleh negara-negara seperti Cina, India, Indonesia, Iran, Tajikistan, dan Turki.

3. Iran

Negara yang juga sangat sulit dikunjungi oleh wisatawan adalah Iran.  Mengutip dari Visa Guide, permohonan visa masuk ke Iran memerlukan kode otorisasi resmi yang dikeluarkan Kementerian Luar Negeri di negara itu. Kode itu juga berlaku bagi penyedia agen perjalanan resmi Iran.

Negara yang berbatasan dengan Turkmenistan ini juga tidak mengizinkan pendatang luar negeri yang sebelumnya telah berkunjung Israel dalam kurun waktu 6 bulan terakhir.

4. Somalia

Somalia merupakan negara di Afrika Utara. Negara ini termasuk negara yang sangat sulit dikunjungi oleh wisatawan. Bukan hanya sulit, tapi juga sangat dilarang.

Indeks Perdamaian Global menempatkan Somalia di posisi keenam tempat paling tidak aman untuk dikunjungi di dunia karena kerusuhan politik. Karena itu, kedutaan tidak mengeluarkan visa pengunjung dengan mudah.

5. Korea Utara

Korea Utara sampai dengan saat ini juga dikenal sulit untuk dikunjungi oleh wisatawan. Agar bisa masuk ke Korea Utara, Anda harus mengajukan visa ke agen wisata yang telah disetujui oleh pemerintah setempat.

Kalau pun Anda mendapatkan akses masuk ke negara itu, maka harus mematuhi peraturan yang sangat ketat. Tidak bisa sembarangan untuk menjelajah di negara itu.

Setiap turis harus dipandu dan tidak diizinkan untuk berbicara dengan warga setempat, selama melakukan tur di Korea Utara.

Itulah deretan negara yang paling sulit dikunjungi oleh wisatawan.

Editor : Mukmin Azis

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network