Piala Asia U-20 2023: Laga Final Uzbekistan vs Irak

Muammar Yahya Herdana
Uzbekistan kalahkan Korea Selatan 3-1 via adu penalti pada semifinal Piala Asia U-20 2023, di Milliy Stadium, Rabu (15/3/2023) malam WIB. (Foto: AFC)

TASHKENT, iNewsBalikpapan.id – Laga semifinal Piala Asia U-20 2023, Uzbekistan berhasil kalahkan Korea Selatan 3-1 via adu penalti di Milliy Stadium, Rabu (15/3/2023) malam WIB. Babak tos-tosan terpaksa dilakukan setelah kedua tim bermain imbang 0-0 hingga babak tambahan. Kemenangan tersebut membuat Uzbekistan berhak ke final Piala Asia U-20 2023. Mereka bakal jumpa Irak yang sebelumnya mengalahkan Jepang.

Sejak awal babak pertama, Uzbekistan dan Korea Selatan saling bergantian untuk menciptakan peluang. Sayangnya beberapa upaya yang didapatkan belum bisa dimaksimalkan dengan baik sehingga skor 0-0 belum dapat berubah.

Pada menit ke-36, Uzbekistan nyaris saja bisa membuka keunggulan dengan tembakan yang dilakukan Abbosbek Fayzullaev. Namun peluang emas tersebut masih bisa dimentahkan dengan baik oleh Kim Jong-Hong.

Namun hingga babak pertama berakhir, Korea Selatan dan Uzbekistan tidak kunjung berhasil membuka keunggulan. Hal tersebut membuat skor imbang 0-0 bertahan hingga turun minum.

Uzbekistan mencoba lebih menunjukan dominasinya dengan tempo serangan yang cukup cepat. Meski belum membuahkan gol, Uzbekistan mendapatkan beberapa peluang emas yang cukup berbahaya.

Tak kunjung dapat mencetak gol pembuka, Korea Selatan dan Uzbekistan mencoba melakukan beberapa perubahan di 20 menit sebelum pertandingan waktu normal berakhir.

Namun kedua tim tak kunjung berhasil memecahkan kebuntuan. Namun hingga waktu normal berakhir, kedua tim tak juga berhasil memecahkan kebuntuan. Alhasil, pertandingan pun harus dilanjutkan ke extra time untuk bisa memastikan pemenang yang akan melaju ke babak final.

Tak kunjung ada gol yang tercipta di babak extra time, Uzbekistan dan Korea Selatan harus bertarung di babak adu penalti untuk memperebutkan satu slot tersisa di babak final.

Di babak penalti tiga algojo Uzbekistan bisa mencetak gol yaitu Abbosbek Fayzullaev, Makhmudjon Makhmadjonov dan Zafarmurod Abdirahmatov. Sementara itu Korea Selatan hanya bisa mencetak satu gol melalui Park Chang-Woo.

Eksekusi tiga penendang lainnya Kang Seong-Jin, Kang Sang-Yoon dan Kim Ji Soo gagal.

Susunan Pemain

Uzbekistan U-20 (4-2-3-1): Otabek Boymurodov; Diyorbek Ortiqboyev, Abbosbek Fayzullaev, Abduqodir Khusanov, Zafarmurod Abdurahmatov; Bekhruzbek Asqarov, Jakhongir O'rozov; Umarali Rahmonaliyev, Nodirbek Abdurazzoqov, Pulatkhuja Kholdorkhonov; Makhmudjon Makhamadjonov.

Pelatih: Ravshan Khaydarov.

Korea Selatan U-20 (4-2-3-1): Kim Joon-Hong; Hwang In-Taek, Kim Ji-Soo, Choi Seok-Hyun, Cho Young-Kwang; Kang Sang-Yoon, Park Hyun-Bin; Kim Hee-Seung; Bae Jun-Ho, Kim Yong-Hak; Lee Young-Jun.

Pelatih: Kim Eun-Jung.

Editor : Mukmin Azis

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network