Panji Petualang Semakin Kurus Gara-gara Diabetes. Kenali Gejalanya!

Chindy Aprillia Pratiwi
Panji Petualang semakin kurus gara-gara penyakit diabetes. Yuk kenali gejalanya!

JAKARTA, iNewsBalikpapan.id– Penampilan terbaru Panji Petualang menuai sorotan publik. Sebab, usai terkena diabetes, tubuhnya tampak lebih kurus.

Pemilik nama asli Muhammad Panji ini diketahui sedang mengalami sakit diabetes kering. Hal ini karena Panji memiliki keturunan dari sang ayah yang juga memiliki sakit diabetes.

Dalam salah satu video di akun YouTube miliknya, Panji juga terlihat menjelaskan kondisi dirinya ketika badannya sudah mulai terlihat mengurus. “Saya teh gejala diabet nggak taunya tuh, ada history dari bapak, diabetes, jadi nurun," kata Panji dikutip dalam video di akun YouTube miliknya, Rabu (9/8/2023).

Dia juga mengaku bahwa pola makannya juga tidak sehat. "Pola makan kemarin itu nggak benar, akhirnya gula darah saya naik dan bikin ngedrop badan. Alhasil sering lemas, terus juga ke berat badan drastis turun,” ujar dia.

Mengenal diabetes kering

Diabetes kering ini ditujukan untuk luka penderita DM yang sulit untuk disembuhkan secara sempurna. Menurut Kemenkes biasanya diabetes ditandai dengan beberapa gejala seperti:

1. Meningkatnya frekuensi buang air kecil

Gejala pertama yakni meningkatnya frekuensi buang air kecil. Hal ini karena sel-sel di dalam tubuh tidak menyerap glukosa dengan baik, maka ginjal mencoba untuk mengeluarkan glukosa sebanyak mungkin, yang membuat penderitanya menjadi lebih sering merasa ingin buang air kecil daripada orang sehat.

2. Rasa haus berlebihan

Dengan durasi frekuensi buang air kecil yang meningkat, maka penderita menjadi lebih sering untuk merasa haus karena harus mengganti cairan dalam tubuh yang hilang.

3. Iritasi genital

Kandungan glukosa yang tinggi didalam urin membuat daerah genital terasa lebih gatal dan bengkak seperti sariawan.

4. Penurunan berat badan

Kadar gula yang tinggi menjadi salah satu penyebab terjadinya penurunan berat badan yang drastis, karena hormon insulin tidak mendapatkan glukosa untuk sel yang digunakan sebagai energi. Hal ini membuat tubuh memecah kembali protein yang ada dari otot sebagai sumber alternatif bahan bahar.

5. Penyembuhan luka yang lambat

Infeksi, luka, dan memar yang tidak dapat sembuh dengan cepat merupakan tanda dan gejala diabetes. Hal ini disebabkan pembuluh darah mengalami kerusakan akibat glukosa dalam jumlah berlebihan yang mengelilingi pembuluh darah dan arteri.

6. Lapar berlebih

Rasa lapar yang berlebih, ternyata juga menjadi gejala diabetes. Hal ini dikarenakan kadar gula darah yang merosot, sehingga tubuh mengira belum diberi makan dan lebih menginginkan glukosa yang dibutuhkan.

7. Kulit bermasalah

Kulit bermasalah juga bisa menjadi tanda diabetes. Rasa gatal pada kulit diakibatkan kulit kering yang seringkali bisa menjadi tanda dan gejala diabetes.

Editor : Mukmin Azis

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network