Angkasa Pura I Raih Penghargaan ICAII 2023, Sukses Terapkan Transformasi Perusahaan

Anindita Trinoviana
Vice President Corporate Secretary PT Angkasa Pura I Rahadian D Yogisworo mewakili Direksi AP1 menerima penghargaan. (Foto: dok Angkasa Pura I)

Akibat dampak pandemi, AP1 sempat mengalami penurunan pendapatan pada 2021 sebesar 63 persen, dibandingkan dengan capaian pada periode sebelum pandemi di 2019. Dampak buruk pandemi Covid-19 terhadap industri aviasi dan kinerja perusahaan, membuat AP1 berinovasi dengan menyusun program transformasi untuk mendukung pemulihan kinerja perusahaan.

Melalui implementasi berbagai inisiatif turunan empat pilar utama program transformasi perusahaan, perlahan tapi pasti, AP1 mulai mengalami peningkatan kinerja keuangan dan operasional. Pada periode Januari-Agustus 2023, AP1 mencatat jumlah pendapatan mencapai Rp6 triliun atau meningkat drastis sebesar 80 persen dibanding dengan periode yang sama di tahun lalu.

AP1 juga mencatat EBITDA yang mencapai Rp2,79 triliun, naik sebesar 286 persen dibanding dengan periode Januari-Agustus 2022. Dengan catatan kinerja keuangan yang sangat positif tersebut, AP1 berhasil mencetak laba bersih sebesar Rp711 miliar selama delapan bulan berjalan pada 2023.

Kinerja keuangan yang sangat positif tersebut tidak lepas dari peran kinerja operasional, di mana pada Januari-Agustus 2023, AP1 mencatat telah melayani 45,9 juta penumpang di 15 bandara. Angka tersebut tumbuh 41 persen dibanding dengan catatan pada periode yang sama di tahun lalu.

Program Transformasi Perusahaan berlandaskan empat pilar utama, yakni business turnaround, organization and culture, financial restructuring, dan digitalization.

Pada pilar business turnaround, AP1 telah menjalankan sejumlah inisiatif seperti menjalin komunikasi dengan sejumlah maskapai penerbangan untuk melakukan reaktivasi rute penerbangan yang sempat berhenti beroperasi pada masa pandemi. Keberhasilan inisiatif ini tercermin dari banyaknya jumlah reaktivasi rute, yakni mencapai hampir 500 reaktivasi rute. 

Untuk pilar financial restructuring, sejumlah inisiatif yang dilaksanakan AP1 berdampak positif terhadap peningkatan arus kas dan likuiditas, peningkatan current ratio menjadi 1,53 kali di semester I-2023, dibandingkan 0,70 kali pada semester I-2022, serta meningkatnya peringkat kredit AP1.

Keberhasilan peningkatan kinerja operasional dan keuangan AP1 turut didukung dari pilar organization and culture melalui restrukturisasi organisasi perusahaan yang ditujukan untuk optimalisasi dan efektivitas proses bisnis organisasi di internal AP1.

Sedangkan untuk pilar digitalization, AP1 menjalankan inisiatif digitalisasi proses bisnis pada terminal kargo melalui Cargo Integrated System 2.0 Development, serta inisiatif integrasi sistem pelaporan tenant di seluruh bandara AP1.

"Kami menjadikan momentum penghargaan ini sebagai pelecut semangat bagi seluruh insan AP1 untuk terus berkarya dan berinovasi dalam koridor Program Transformasi Perusahaan. Berbagai inisiatif yang kami laksanakan telah membuahkan hasil yang sangat positif, namun demikian, tantangan yang kami hadapi saat ini adalah untuk dapat terus mengerek kinerja sehingga benar-benar dapat kembali pada kinerja sebelum pandemi atau bahkan melebihinya," ucap Faik Fahmi.

Editor : Mukmin Azis

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network