Begini Progres Pembangunan IKN Jelang Upacara HUT RI

Iqbal Dwi Purnama
Proyek IKN (Foto: Dok. Kementerian PUPR)

PENAJAM PASER UTARA, iNewsBalikpapan.id - Progres perkembangan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur semakin terlihat, terutama menjelang upacara HUT ke-79 Republik Indonesia (RI). 

Kesiapan lapangan upacara, kantor presiden, dan infrastruktur air sudah siap mendukung perayaan yang akan digelar pada 17 Agustus 2024.

Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis H. Sumadilaga, menyebutkan bahwa di IKN sudah ada sumber air baku, termasuk Bendungan Sepaku Semoi dengan kapasitas 3.000 liter per detik di Intake Sepaku dan 2.500 liter per detik di Bendungan Sepaku Semoi.

 Untuk tahap pertama, air baku dari Intake Sepaku akan diproses menjadi air bersih dan dialirkan melalui pipa sepanjang 16 km ke pusat pemerintahan.

"Saat ini di IKN sudah ada sumber air baku, selain itu ada sumber lain yaitu Bendungan Sepaku Semoi. Kapasitasnya secara teknis di Intake Sepaku adalah 3.000 liter per detik. Sedangkan Bendungan Sepaku Semoi adalah 2.500 liter per detik," kata Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Negara Danis H. Sumadilaga, Sabtu (20/7/2024). 

Selain itu, Danis menjelaskan bahwa tol dari Balikpapan menuju IKN ditargetkan dapat difungsikan pada 17 Agustus 2024. Saat ini, Kementerian PUPR sedang membangun tol sesi 3A, 3B, dan 5A dengan progres rata-rata 90 persen.

"Pada saat ini Kementerian PUPR sedang membangun tol yaitu sesi 3A, 3B dan 5A yang insyaAllah progresnya rata-rata sudah 90 persen, yang akan kita fungsionalkan satu jalur dengan masing-masing tiga lajur dan dua lajur untuk digunakan menuju IKN," katanya. 

 Jalan tol ini akan mengurangi waktu perjalanan darat dari Balikpapan ke IKN menjadi sekitar satu hingga satu setengah jam, dibandingkan dengan dua setengah jam sebelumnya.

"Kalau dari Balikpapan tadi memerlukan dua setengah jam, mulai tol fungsional itu sekitar satu sampai satu setengah jam, sehingga kita menghemat satu setengah jam. Mudah-mudahan pada 17 Agustus itu sudah bisa terealisasi," kata Danis. 

Editor : Mukmin Azis

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network