Berlaku Mulai Juli 2022, Ini Cara Daftar MyPertamina Supaya Bisa Beli Pertalite dan Solar Subsidi

Roy Marisi
.
Kamis, 30 Juni 2022 | 16:00 WIB
Masyarakat diharuskan mendaftarkan data kendaraan dan identitas melalui web MyPertamina agar dapat membeli BBM bersubsidi di SPBU. Foto: dok. Pertamina

JAKARTA, iNews.id - Pendaftaran kendaraan di website MyPertamina mulai dibuka per 1 Juli 2022. Dari situ pengguna akan mendapat QR Code yang digunakan untuk pembelian BBM Subsidi pertalite dan solar di SPBU Pertamina.

Mengenai cara mendaftarkan data kendaraan di MyPertamina, Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Alfian Nasution menerangkan, masyarakat perlu lebih dahulu mengakses website subsiditepat.mypertamina.id.

Kemudian pemilik kendaraan perlu mempersiapkan dokumen-dokumen antara lain KTP, STNK kendaraan, foto kendaraan, alamat email, dan dokumen lain sebagai pendukung. Jika seluruhnya telah dipenuhi, masyarakat dapat mengkonfirmasi opsi ‘daftar sekarang’ pada website.

“Data yang sudah didaftarkan akan diverifikasi dengan persyaratan. Jika terpenuhi, pengguna akan dinyatakan terdaftar dan menerima QR Code melalui email maksimal dalam waktu 7 hari kerja,” katanya, Rabu (29/6/2022).

Apabila dalam notifikasi justru hasilnya dianggap terdapat kekurangan atau ketidakcocokan dokumen, maka masyarakat masih bisa kembali melakukan pengisian data kendaraan dan identitas. Untuk kemudahan dan mengantisipasi kendala, QR Code yang diterima juga bisa di-print out dan fisiknya dibawa ke SPBU saat hendak melakukan pengisian BBM. Operator SPBU selanjutnya akan mencocokan data menggunakan QR Code tersebut. 

“Masyarakat tidak perlu khawatir, tahapannya sangat mudah, yang penting memastikan sudah daftar dan memastikan datanya sudah terkonfirmasi. Jika sudah menerima QR Code, maka transaksi akan berjalan seperti biasa,” tuntasnya melalui keterangan tertulis.

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News

Bagikan Artikel Ini