get app
inews
Aa Read Next : Menparekraf Perkuat Literasi Digital Santri di Balikpapan Lewat Santri Digitalpreneur

Keamanan IKN Dipertebal, Lanal Balikpapan jadi Lantamal

Jum'at, 01 Juli 2022 | 06:42 WIB
header img
Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono tiba di VVIP Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan usai melakukan peninjauan lahan milik TNI AL di kawasan IKN pada Kamis (30/6/2022) petang. Foto: Mukmin Azis/iNews.id

JAKARTA, iNews.id- TNI AL berencana mengubah Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Balikpapan, Kalimantan Timur menjadi Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal). Adapun perubahan itu bertujuan untuk melakukan penebalan di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. 

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono berkesempatan meninjau lahan tersebut dalam kunjungan kerjanya ke Balikpapan, Rabu (29/6/2022) kemarin. Adapun sebidang tanah itu dihibahkan oleh Pemerintah Daerah Balikpapan. 

"Pembangunan tersebut akan masuk dalam perencanaan tahun 2023," ungkap Laksamana Yudo dalam keterangan yang diterima Kamis (30/6/2022). 

Menurut Yudo, rencana pembangunan itu sesuai dengan pertimbangan strategis bahwa fungsi Lantamal di Balikpapan nantinya sebagai pengamanan calon Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Dirinya berkomitmen untuk menyediakan sarana dan prasarana memadai, baik untuk prajurit maupun operasional organisasi di seluruh jajaran TNI AL. 

"TNI AL akan terus memperbaiki dan mengembangkan fasilitas pangkalan dan membangun kekuatan untuk menjawab tantangan tugas kedepan yang semakin kompleks," tuturnya. 

Sebagaimana diketahui, Lanal Balikapapan berada di bawah Lantamal XIII Tarakan. Dua satuan ini merupakan satuan di bawah kendali Komando Armada (Koarmada) II yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur.

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut