get app
inews
Aa
Read Next : Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida Jalani Operasi Sinus

Guncang Dunia Tinju, James Buster Douglas KO Mike Tyson di Ronde 10

Jum'at, 01 Juli 2022 | 08:18 WIB
header img
Kisah James Buster Douglas Pukul KO Mike Tyson yang Guncang Jagat Tinju. Foto: The Sun

JAMES Buster Douglas petinju asal Ohio berhasil memukul KO Mike Tyson yang mengguncang jagat tinju sekaligus menjadi kejutan terbesar dunia di era 90an. 

Kemenangan KO atas Mike Tyson membawa James Buster Douglas membuat kejutan terbesar dalam sejarah tinju di Tokyo, Jepang, 32 tahun lalu.

''Saya mengejutkan dunia dengan meng-KO Mike Tyson tetapi itu masih membuat saya kesal. Saya hanya memiliki satu pertarungan gelar dunia lagi,''kata James Buster Douglas. 

Petinju kelas berat itu menghadapi Mike Tyson yang menakutkan dan diperkirakan akan kalah dalam pertarungan di Tokyo Dome. 

Douglas tidak diberi kesempatan untuk mengalahkan Iron Mike dalam pertarungan pada 11 Februari 1990. Kala itu, Tyson tidak terkalahkan dalam 37 pertarungan profesional dan baru saja mempertahankan gelar dunia terakhirnya dengan KO yang menakjubkan. 

Namun, Douglas membuat kejutan yang mengejutkan ketika dia menjatuhkan Tyson pada ronde ke-10 di depan penonton yang memukau. Dia merebut gelar dunia WBA, WBC, dan IBF dari Tyson dalam pertarungan yang akan dikenang selamanya dalam ingatan. 

Douglas berbicara kepada ESPN pada 2018 menjelang film dokumenter 30 for 30 tentang kemenangan mengejutkannya.

 "Luar biasa, terutama kembali ke Tokyo, kami kembali ke Tokyo Dome, berjalan di sekitar pusat kota Tokyo, itu benar-benar bermanfaat. Saya tahu bahwa pergi ke pertarungan tidak ada yang memberi saya kesempatan, tapi saya percaya, orang-orang saya percaya. Itulah motivasinya,''kata Douglas. 

"Saya tidak peduli dengan apa yang orang pikirkan karena jika itu masalahnya, saya tidak akan pernah menjadi profesional. Saya tahu saya di sini tanpa peluang sama sekali,"lanjutnya. 

Douglas menambahkan: "Sesi latihan saya bagus, tenang dan tenang. Hanya saya dan pelatih saya di gym. Kami akan datang di gym setelah Mike, dan kursi bisa dibalik dan semuanya seolah-olah ada yang harus dilakukan. Dan ketika kamp saya masuk, itu hanya kami. Jadi itu adalah motivasi."

Meskipun kemenangan atas Tyson terkenal, Douglas hanya berjuang untuk gelar dunia sekali lagi dalam kariernya. Dia dikalahkan oleh Evander Holyfield di ronde ketiga di Las Vegas pada pertarungan berikutnya.

Douglas bertarung sembilan kali lagi dalam karier profesionalnya dan memenangkan delapan di antaranya. Tapi dia tidak pernah mendapat kesempatan lain untuk menjadi juara dunia setelah kekalahannya dari Evander Holyfield pada tahun 1990. 

"Itu membuatku kesal. Itu membuatku ingin keluar dari masa pensiun."

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut