get app
inews
Aa Read Next : Takefusa Kubo Ancam Permalukan Timnas Indonesia

Pelaku Pembunuhan Massal 2008 di Tokyo Dieksekusi Mati

Selasa, 26 Juli 2022 | 14:55 WIB
header img
Pemerintah Jepang mengeksekusi mati seorang pria yang membunuh tujuh orang dalam kecelakaan kendaraan dan penusukan di Tokyo pada 2008.. (Foto: Reuters)

TOKYO, iNews.id - Pemerintah Jepang mengeksekusi mati seorang pria yang membunuh tujuh orang dalam kecelakaan kendaraan dan penusukan di Tokyo pada 2008. Dia telah digantung di pusat penahanan Tokyo, Selasa (26/7/2022) pagi. 

Menteri Kehakiman Jepang, Yoshihisa Furukawa mengatakan, pria tersebut yakni Tomohiro Kato (39). Mati menjadi hukuman yang dibenarkan mengingat kejahatan keji dan kekerasan yang dilakukan Kato. "Kato telah benar-benar bersiap untuk melakukan pembunuhan massal, tindakan keji yang menyebabkan konsekuensi yang sangat serius dan berdampak besar pada masyarakat," katanya. 

Dalam serangan itu, Kato mengendarai truknya di sebuah jalan di area perbelanjaan elektronik Akihabara. Dia menabrak kerumunan orang dan membunuh tiga pejalan kaki pada Juni 2008.  Dia kemudian turun dari kendaraan dan menikam empat orang hingga tewas. Dia juga melukai 10 orang lainnya. Rekaman dari kamera pengawas yang disiarkan oleh penyiar nasional NHK menunjukkan Kato membeli pisau berburu dua hari sebelum serangan. Dia juga tampak tertawa dengan seorang pekerja toko dan kadang-kadang membuat gerakan menusuk dengan tangannya. 

Laporan media juga mengatakan, dia telah memposting beberapa pesan sedih dan peringatan bahwa dia berencana untuk membunuh orang dalam serangan massal.
 

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut