get app
inews
Aa Read Next : Ungkap 407 Kasus, Kapolda Kaltim Sebut Peredaran Narkoba di Wilayah Hukumnya Tinggi

Cegah Kebakaran Hutan Polda Kaltim Luncurkan Aplikasi ASAP, Dilengkapi 8 CCTV 360 Derajat

Kamis, 21 Juli 2022 | 19:34 WIB
header img
Polda Kaltim gandeng PT Telkom luncurkan Aplikasi Sistem Analisa Pengendalian (ASAP) digital, Kamis (21/7/2022). (Foto: istimewa)

BALIKPAPAN, iNews.id - Meminimalisir terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di sejumlah titik rawan di Kalimantan Timur, Polda Kaltim gandeng PT Telkom luncurkan Aplikasi Sistem Analisa Pengendalian (ASAP) digital, Kamis (21/7/2022). 

ASAP Digital adalah sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh PT Telkom untuk mendeteksi dini kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang kerap terjadi di wilayah Indonesia, tak terkecuali Kaltim. 

Selain itu ada tambahan delapan titik kamera cctv di menara BTS milik PT Telkom untuk mengawasi karhutla serta memungkinkan anggota dengan cepat mengetahui titik api guna meminimalisir. 

“Tujuh kamera akan ditempatkan di Kabupaten Paser sementara satu akan ditempatkan di Kutim,” kata Kapolda Kaltim, Irjen Imam Sugianto.

Aplikasi ASAP Digital ini memiliki keunggulan monitoring real tie CCTV 360 derajat dengan kemampuan jelajah 8 KM yang menampilkan kualitas suhu, kelembaban udara dan data titik api update berkala 5 menit. 

Executive Vice President (EVP) Telkom Regional 6 Kalimantan, Fera Pebrayanti menyebut, lewat ASAP Digital ini Telkom ingin berperan dalam monitoring dan analisis sehingga kebakaran hutan dan lahan tak meluas.

" Sebagai peran serta Telkom menimalisir kebakaran hutan, " katanya. 

Hadir dalam peluncuran aplikasi tersebut Kapolda Kaltim Irjen Pol Imam Sugianto dan Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo, Ketua DPRD Kaltim Makmur,  Kadishub Kaltim Arih Franata Filifus Sembiring, Kepala BPBD Kaltim Yudha Pranoto, Kadis Kehutanan Kaltim, Bupati Paser Fahmi Fadli dan PT Telkom Regional 6 Kalimantan.

Editor : Mukmin Azis

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut