get app
inews
Aa Read Next : 604 Napi Lapas Balikpapan Terima Remisi Idul Fitri, Terbanyak Kasus Narkotika

Wow! Ada Penjara Rasa Rumah Mewah di Norwegia, Napinya Asik Nonton Televisi di Sofa

Senin, 01 Agustus 2022 | 12:08 WIB
header img
Penjara Halden atau Halden Prison di Norwegia fasilitasnya mirip rumah mewah (Foto:thestoryinstitute.com)

NORWEGIA, iNews.id - Halden Prison atau Penjara Halden merupakan penjara di Norwegia yang berbeda dengan penjara umumnya yang diwarnai penyiksaan atau kekerasan. Penjara yang dihuni tahanan atau narapidana dengan kasus kejahatan berat tersebut memiliki beragam fasilitas bahkan cukup mewah.

Menurut The Story Institute, Penjara Halden menampung 250 tahanan. Hampir setengahnya merupakan kejahatan kelas kakap seperti pembunuhan, penyerangan, hingga pemerkosaan.

Ambisi Penjara Halden adalah ingin membawa para napi kembali pada masyarakat dengan versi lebih baik. Tapi bukan dengan cara tak manusiawi.

Penjara Halden dapat disebut sebagai penjara yang lekat dengan kata 'kemanusiaan'. 

Bayangkan saja, setiap sel memiliki tempat tidur, kulkas kecil, rak buku, TV, meja dan kursi, ditambah kamar mandi pribadi termasuk shower, toilet dan wastafel.

Selain itu, ada pula toko kelontong yang memungkinkan para narapidana membeli kebutuhan bahan makanan untuk mereka masak sendiri. Tak berhenti sampai disitu, mulai dari gym, perpustakaan, ruang komputer, ruang pelatihan, hingga taman pun menghiasi penjara Halden.

Seperti apa yang terlihat dari video unggahan @insight_zona, sudut setiap sudut ruangan penjara Halden lebih mirip seperti rumah mewah. Seluruh perabotan di dapur, ruang televisi dan kamar tidur tampak begitu modern dan nyaman.

Rasanya, Penjara Halden lebih cocok disebut sebagai hunian idaman ketimbang penjara. Bayangkan saja, penjara mana lagi yang bisa duduk bersantai di sofa sambil menatap televisi? atau memasak di dapur mewah dan tidur dalam kamar yang terasa seperti berada di rumah sendiri? itu lah sepotong gambaran penjara Halden, Norwegia.

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut