get app
inews
Aa Read Next : Kalahkan PSM, Madura United Jaga Asa Lolos Championship Series

72 Tahun Persiba Balikpapan: Jaga Asa Naik Kasta Hingga Menanti Kesadaran Pengusaha di Rumah Sendiri

Rabu, 03 Agustus 2022 | 07:28 WIB
header img
Hari ini tim Liga 2 Persiba Balikpapan tepat berusia 72 tahun. (Foto: MO Persiba Balikpapan)

BALIKPAPAN, iNews.id - Hari ini 3 Agustus 2022, tepat perayaan ulang tahun ke 72 tahun Persiba Balikpapan. Bagi tim kebanggaan warga kota Beriman itu, spirit kembali ke kasta tertinggi liga sepakbola tanah air tetap tinggi meski terus dihadang minimnya kepedulian sponsor dari rumah sendiri. 

Sejak terdegradasi dari Liga 1 musim 2017, tim berjuluk Beruang Madu ini terus saja berkutat di kasta kedua. Cukup lama memang, hingga memasuki Liga 2 musim 2022/2023 praktis sudah 5 tahun target kembali ke Liga 1 tak tergapai. Meskipun nyaris setiap musimnya wajib menargetkan lolos ke kasta tertinggi. 

Bicara degradasi, sebenarnya, Persiba Balikpapan mengulangi kisah tragis yang sama saat terperosok pada musim 1998/1999.

Musim itu Persiba hanya finis di peringkat keenam Grup E Wilayah Timur Liga Indonesia 1998/1999.

Dan nyatanya butuh waktu selama 5 tahun untuk kembali promosi meskipun kala itu masih berlabel Divisi Utama di tahun 2004 promosi dengan bantuan 'berkah' akibat perubahan format kompetisi liga oleh PSSI. 

Bicara Persiba Balikpapan tak elok membandingkan era Syahril HM Taher dengan Gede Widiade saat ini. Jauh berbeda memang dan belum pantas untuk dibandingkan. 

Di era Syahril HM Taher, selama 14 tahun menangani, prestasi paling mentereng Persiba yakni mampu sukses berada di peringkat ketiga Indonesia Super Liga (ISL) edisi 2009/2010. Selebihnya berkutat di papan tengah dan kerap berada di papan bawah. 

Nah, bicara modal tentu tak sedikit untuk ukuran penggila bola memegang tim selama itu. Sejak bukan lagi dimodali APBD daerah, Ketua Syahril mesti merogoh kocek sendiri mendanai tim.

Syahril harus bergerilya mencari suntikan sponsor. Dan jika ditanya bagaimana dukungan sponsor, jawabannya tetap saja minim. Apalagi sponsor dari kota Balikpapan sendiri. 

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut