get app
inews
Aa Read Next : Puing Kapal Selam Titanic yang Hilang Ditemukan, Begini Kondisinya

Kaya Raya, Ini Daftar Konglemerat Dunia Hobi Beramal

Kamis, 11 Agustus 2022 | 07:30 WIB
header img
Investor legendaris Warren Buffett. (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNews.id - Tidak hanya kisah suksesnya yang menginspirasi, para miliarder ini dari kegemarannya beramal juga memberikan dampak positif bagi banyak orang.

Dikutip dari berbagai sumber oleh MNC Portal Indonesia, berikut deretan miliarder dunia yang hobi beramal.

1. Warren Buffet

Miliarder sekaligus investor legendaris, Warren Buffett hobi beramal. Dia telah menyumbang miliaran dolar AS melalui perusahaan yang dibawahinya, Berkshire Hathaway. 

Pada 2018, menurut data Forbes, Buffett diketahui telah mendonasikan hartanya mencapai 38 miliar dolar AS dari kekayaannya saat itu sebesar 87 miliar dolar AS. 

Kemudian, pada 2019, Buffett juga memberikan sahamnya senilai 3,6 miliar dolar AS kepada badan amal, Susan Thompson Buffett Foundation dan Bill and Melinda Gates Foundation.

2. Bill Gates dan Keluarga

Sisi kedermawanan Bill Gates sudah dikenal banyak orang dengan yayasan amal yang dia dirikan bersama mantan istrinya, Melinda Gates, yaitu Bill and Melinda Gates. Yayasan tersebut merupakan yayasan amal terbesar di dunia. 

Sejak didirikan pada 2000 hingga 2018, Gates telah mendonasikan lebih dari 36 miliar dolar AS melalui badan amal tersebut. Baru-baru ini, Gates menyampaikan niatnya untuk menyumbang sebesar 20 miliar dolar AS.

Dalam cuitannya, Bill Gates juga menyatakan bahwa yayasan miliknya akan meningkatkan jumlah sumbangannya dari sebelumnya sebelum 6 miliar dolar AS menjadi 9 miliar dolar AS per tahun. Hal tersebut dilakukan karena dia merasa berkewajiban untuk mengembalikan sumber kekayaan tersebut kepada masyarakat. 

Terlebih, dunia saat ini masih berada dalam kondisi krisis Covid-19, ditambah lagi dengan adanya perang antar Rusia dan Ukraina.

3. Michael dan Susan Dell

Pasangan pendiri perusahaan teknologi 'Dell'. Michael dan Susan Dell dikenal sebagai dermawan yang hobi beramal. Dengan kekayaan sebesar 54,8 miliar dolar AS, Michael Dell menyumbangkan kekayaannya sebesar 2 miliar dolar AS untuk kegiatan sosial. 

Bersama sang istri, Michael Dell turut mendirikan Yayasan Michael dan Susan Dell pada 1999. Yayasan tersebut berfokus pada anak-anak yang hidup dalam kemiskinan. Pada 2016, Dell menyisihkan sebesar 36 miliar dolar AS untuk membangun kembali Kota Houston di Texas, AS yang hancur akibat Badai Harvey.

4. Azim Premji

Pada 2019 lalu, milarder asal India, Azim Premji telah memberikan saham senilai 7,6 miliar dolar AS dari perusahaan outsourcing IT miliknya yakni, Wipro Limited kepada organisasi amalnya Azim Premji Foundation. Sejak yayasan tersebut didirkan, Premji telah menyumbangkan total 21 miliar dolar AS hartanya ke yayasan tersebut.

Yayasan Azim Premji merupakan yayasan yang berfokus pada kegiatan pendidikan dan mengelola sebuah universitas di Bangalore yang dikenal sebagai kawasan 'Silicon Valley' di India. 

5. Carlos Slim Helu

Carlos Slim Helu merupakan miliarder asal Mexico yang pada 2018 lalu telah berdonasi senilai 5 miliar dolar AS melalui Carlos Slim Foundation, sebuah lembaga sosial untuk membantu populasi di Mexico dan Amerika Latin yang rentan kemiskinan.

Bos perusahaan raksasa telekomunikasi, America Movil dan Telmex diketahui memiliki kekayaan sebesar 82,3 miliar dolar AS. 

Editor : Mukmin Azis

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut