get app
inews
Aa Read Next : Amerika Serikat Bantah Kapal Perang USS Milius Diusir China di Laut China Selatan

Ini Kisah Sukses Miliarder China Guo Guangchang yang Raup Untung Besar Dari Bisnis Vaksin

Sabtu, 15 Oktober 2022 | 16:39 WIB
header img
Guo Guangchang, miliarder asal China yang dikabarkan meraup untung besar dari bisnis vaksin saat pandemi Covid-19. (Reuters)

JAKARTA, iNews.id - Miliarder asal China, Guo Guangchang dikabarkan meraup untung besar dari bisnis vaksin pada masa pandemi Covid-19.  Kesuksesan pria kelahiran tahun 1967 itu berkat kemitraan dengan BioNTech dan Pfizer yang salah satu vaksinnya, cukup laris di saat berbagai negara melawan virus corona.

Meski begitu, vaksin Pfizer-BioNTech justru belum mendapat persetujuan untuk digunakan di China daratan. Bahkan, Beijing justru menaruh dukungan kepada vaksin mRNA, buatan Walvax Biotechnology Co.

Guo Guangchang adalah ketua sekaligus pendiri Fosun International. Menurut data Forbes, Ia menduduki posisi ke-50 orang terkaya di China pada 2021. Harta Guo tercatat mencapai 2,5 miliar dolar AS atau setara Rp38,68 triliun, saat ini.

Cikal bakal kesuksesan Guo dimulai pada tahun 1992. Saat itu Ia mendirikan Guangxin Technology Development Company Ltd, bersama temannya, Liang Zinjun dan Tan Jia yang kemudian menjadi yang pertama kali menggunakan metode ilmiah dalam riset pasar di daratan Tiongkok.

Pada tahun 1994, Guo menduduki posisi ketua Fosun Group, yang kemudian banyak berinvestasi di bidang asuransi, farmasi dan perawatan kesehatan, properti, baja, pertambangan, ritel, jasa, keuangan serta investasi lainnya. Dari situ perusahaan ini berkembang menjadi perusahaan swasta terbesar di China. Fosun International mempekerjakan lebih dari 74.000 orang.

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut