get app
inews
Aa Read Next : Apple Vision Pro Kuras Kantong, Ini Rekomendasi Kacamata VR Dibanderol Murah Berkualitas

Siapa Tak Kenal Nokia, Ini Arti Nama dan Sejarahnya yang Jarang Sekali Diketahui

Rabu, 17 Agustus 2022 | 16:34 WIB
header img
Arti Nama Nokia dan Sejarahnya yang Jarang Sekali Diketahui (Foto: Unsplash)

Buring Platform 

Ada beberapa orang meragukan Stephen Elop hanya akan mengubah Nokia menjadi pemegang lisensi terbesar Microsoft segera setelah dia menjadi CEO.  

Setelah beberapa pertimbangan, dewan Nokia mencapai kesimpulan Elop adalah orang yang tepat untuk mengawasi poros perusahaan dari produsen perangkat ke platform internet. Vanjoki mengundurkan diri pada hari keputusan itu dibuat.  

Rekomendasi pertama Elop setelah menilai kekuatan dan kelemahan Nokia adalah mempercepat pengembangan MeeGo. Namun, dia ragu apakah ini jalan terbaik ke depan, jadi dia juga disibukkan dengan gagasan untuk memperluas kemitran antara Nokia dan Microsoft.  

Tidak lama kemudian, muncul rumor online tentang Nokia yang berpotensi merangku Microsoft Windows Phone 7. Selama pertemuan pemegang saham pada Januari 2011, Elop menyinggung kemungkinan itu, tapi tidak secara eksplisif menunjukkannya.  

Pada beberapa waktu, dia memutuskan untuk mengirim memo yang intens kepada Nokians yang akan tetap dalam sejarah sebagai memo "burning platform". Di dalamnya, Elop dengan jujur mengakui dia tidak percaya MeeGo adalah jalan ke depan. Tetapi yang lebih penting, dia mengungkapkan penilaiannya tentang keadaan perusahaan menggunakan cerita tentang seorang pria yang berdiri di atas anjungan minyak yang terbakar di Laut Utara.  

Pria ini dihadapkan pada dua pilihan — “dia bisa berdiri di atas panggung, dan mau tidak mau akan dilalap api yang menyala-nyala. Atau, dia bisa terjun 30 meter ke dalam air yang membekukan.” 

Ini adalah cara Elop untuk mengatakan Nokia berada di antara batu dan tempat yang sulit, dengan Apple memiliki pangsa pasar smartphone kelas atas yang semakin besar, sementara Google Android memakan segalanya di kategori kelas menengah dan kelas bawah. Dia juga melihat perkembangan MeeGo lambat dan Symbian sebagai penghalang yang berkembang untuk membuat kemajuan menjadi lebih kompetitif melawan platform yang sedang berkembang ini. 

Pada 11 Februari 2011, Elopian Nokia mengumumkan akan menjalin kemitraan strategis yang luas dengan Microsoft untuk menciptakan ekosistem seluler global baru. Dengan kata lain, Nokia akan mengadopsi Windows Phone dan menggantikan Symbian sebagai OS pilihan untuk smartphone masa depan perusahaan, dan bekerja sama dengan Microsoft untuk lebih mengembangkan platform baru ini. Namun, yang terakhir mengambil hak untuk melisensikan OS kepada pihak ketiga. 

Symbian akan diturunkan ke perangkat kelas bawah dan menjadi "platform waralaba" dengan harapan akan menjual setidaknya 150 juta unit di tahun-tahun mendatang. Dukungan untuk ponsel Symbian akan segera dialihkan ke Accenture, bersama dengan transfer 2.300 insinyur ke perusahaan yang terakhir. Adapun MeeGo, itu akan menjadi sumber terbuka dan akan menjadi alat untuk eksperimen untuk perangkat dan platform generasi berikutnya.

Masih Menghubungkan Orang

Nokia telah menunjuk Rajeev Suri sebagai CEO barunya, yang dengan cepat mengidentifikasi kekuatan perusahaan dan melanjutkan untuk memperkuat posisinya di pasar infrastruktur telekomunikasi. Sepanjang 2014, Nokia mengakuisisi pembuat filter radio Australia Mesaplexx, perusahaan penyebaran jaringan yang berbasis di AS SAC Wireless, dan bagian dari bisnis jaringan nirkabel Panasonic. 

Perusahaan juga mencoba peruntungannya dengan beberapa proyek konsumen berumur pendek yang melibatkan lisensi kekayaan intelektualnya kepada produsen pihak ketiga seperti Foxconn. Contoh penting adalah Nokia N1 — tablet Android bertenaga Intel Atom yang sangat mirip dengan iPad Mini Apple. Itu hanya dijual di China dan Eropa dalam jumlah yang relatif terbatas, tetapi Nokia masih menganggapnya sukses.

Editor : Mukmin Azis

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut