get app
inews
Aa
Read Next : Cetak Rekor Baru, di Jepang Infeksi Covid Melonjak 150.000 Kasus Sehari

Cara Membedakan Sakit Flu Biasa dengan Gejala Covid-19? Simak Penjelasan Ahlinya

Rabu, 31 Agustus 2022 | 22:48 WIB
header img
Cara Membedakan Flu Biasa dengan Covid-19. (Foto: NPR)

JAKARTA, iNews.id - Sakit flu biasa, atau infeksi Covid-19 kerap membuat orang bingung. Wajar saja, jika tak sedikit orang yang mengira dirinya hanya sakit flu biasa, padahal bisa saja sudah positif terinfeksi Covid-19.

Disampaikan oleh dr. Prasenohadi, PhD, SpP(K), KIC, Ketua Departemen Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) dan RSUP Persahabatan, gejala subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 yang tengah mendominasi kasus positif saat ini ia sebut memang seperti flu.

Kondisi ini tentu membuat masyarakat bingung, untuk membedakan mana gejala Covid-19 dengan flu biasa.

"Itu tadi gejalanya mirip, ada demam, batuk dan pilek dan sesak nafas. Harus melakukan pengecekan kesehatan dengan testing Covid-19 yaitu antigen atau PCR, yang jauh lebih akurat untuk bisa memastikan seseorang positif atau negatif dari Covid-19,” ujar dr. Prasenohadi, dalam Talkshow Perkembangan Gejala Subvarian BA.5 dikutip dari kanal YouTube BNPB Indonesia.

Samarnya gejala antara influenza biasa dan Covid-19 tyang berlaku pada subvarian Covid-19 apa pun. Dr. Prasenohadi mendorong untuk masyarakat mau melakukan pemeriksaan swab, bila merasakan gejala seperti flu.

"Jadi pada dasarnya pemeriksaan, minimal antigen kalau bisa lagi PCR untuk menentukan apakah benar pasien influenza biasa atau Covid-19 apa pun variannya. Jadi pemeriksaannya jadi wajib gitu, dan begitu penting," tutupnya singkat.

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut