get app
inews
Aa Read Next : Awas Antraks! Begini Cara Penularan dan Langkah Mencegahnya

Cetak Rekor Baru, di Jepang Infeksi Covid Melonjak 150.000 Kasus Sehari

Kamis, 21 Juli 2022 | 00:07 WIB
header img
Kasus Covid kembali melonjak di Jepang (ilustrasi). (Foto: Reuters)

TOKYO, iNews.id Infeksi Covid di Jepang melonjak 150.000 kasus dalam tempo 24 jam terakhir. Jumlah tersebut menandai lonjakan harian terbesar kejadian virus corona di negeri sakura sejak munculnya pandemi lebih dari 2 tahun lalu.

Kantor berita Kyodo pada Rabu (20/7/2022) melaporkan, rekor kasus harian tercatat di 30 dari 47 prefektur Jepang, termasuk Kanagawa, Aichi, Osaka, Hyogo, dan Okinawa. Sementara itu, Prefektur Tokyo pada hari ini mengonfirmasi 20.401 kasus baru, melebihi ambang batas 20.000 kasus untuk pertama kalinya sejak awal Februari lalu.

Pakar kesehatan di negara itu mengaitkan peningkatan drastis jumlah kasus Covid-19 dengan penyebaran cepat jenis virus corona baru, yaitu varian omicron BA.5.

Menteri Sekretaris Kabinet Jepang, Hirokazu Matsuno menegaskan, pemerintah tidak akan memberlakukan pembatasan perjalanan, meski wabah itu meningkat secara nasional. “Kami akan melakukan yang terbaik untuk mendukung sistem perawatan kesehatan dan memprioritaskan melindungi orang lanjut usia yang berisiko tinggi mengalami gejala parah,” kata dia.

Rekor lonjakan infeksi Covid harian di Jepang sebelumnya tercatat pada Sabtu (16/7/2022) lalu. Ketika itu, otoritas kesehatan setempat mencatat pertambahan 110.000 kasus dalam 24 jam.

Sejak awal pandemi, Jepang telah mencatata total 10,23 juta kasus virus corona yang dikonfirmasi. Lebih dari 31.500 di antaranya berujung pada kematian.

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut