get app
inews
Aa Read Next : Menparekraf Perkuat Literasi Digital Santri di Balikpapan Lewat Santri Digitalpreneur

Antisipasi Rabies, 624 Hewan Peliharaan di Balikpapan Divaksin

Rabu, 14 Juni 2023 | 12:48 WIB
header img
Ilustrasi vaksinasi rabies terhadap hewan. (Foto: Antara)

BALIKPAPAN, iNewsBalikpapan.id - Mengantisipasi ancaman penyebaran virus rabies, sebanyak 624 hewan peliharaan di kawasan Kelurahan Gunung Bahagia divaksinasi.

Tindakan vaksinasi dilakukan pasca adanya temuan hewan yang terkonfirmasi positif rabies di kawasan Kelurahan Gunung Bahagia. 

Kepala Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan (DP3) Balikpapan Sri Wahyuningsih mengatakan, pihaknya telah menggelar kegiatan vaksinasi masal di kawasan tersebut selama dua hari. Tercatat ada ada 48 ekor, kucing 576 sehingga totalnya 624 ekor.

Kegiatan vaksinasi dilaksanakan secara door to door dengan melibatkan dokter hewan dari DP3 serta dokter hewan dari luar.

"Kemarin itu kan emang ada kasus ada bangkai kucing yang ditemukan oleh dokter hewan di wilayah Gunung bahagia. Karena dokter hewan ini melihat adanya potensi tanda-tanda rabies maka dibawa ke dinas kami, kemudian kita bawa kepala bangkai kucing ini ke laboratorium di Samarinda. Ternyata hasil pemeriksaannya dinyatakan positif rabies. Sehingga pada hari Jumat dan Sabtu kemarin, dokter hewan kami dan dibantu dari dokter hewan pihak luar melakukan vaksin rabies massal," katanya. 

Dalam upaya mengantisipasi potensi penyebaran rabies, pihaknya menyiapkan sebanyak 1000 dosis vaksin yang diadakan melalui APBD Kota Balikpapan. Serta dibantu dropping stok vaksin dari Pemerintah Provinsi.

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut