get app
inews
Aa Read Next : Antisipasi Rabies, 624 Hewan Peliharaan di Balikpapan Divaksin

Awas Antraks! Begini Cara Penularan dan Langkah Mencegahnya

Sabtu, 08 Juli 2023 | 14:54 WIB
header img
Awas Antraks! Begini Cara Penularan Antraks dan Langkah Mencegahnya. (Foto: Freepik)

BALIKPAPAN, iNews.id - Cara penularan antraks pada manusia penting untuk diketahui masyarakat. Hal ini merupakan salah satu cara menanggulangi penyebaran penyakit yang saat ini tengah terjadi di suatu desa di Gunungkidul, DI Yogyakarta.

Dalam kasus yang terjadi di Gunungkidul diketahui penyebaran penyakit antraks pada manusia terjadi usai warganya memotong dan mengonsumsi daging hewan yang terpapar antraks. Sebanyak satu orang dinyatakan meninggal dunia dan 87 orang lainnya positif antraks.

Cara Penularan Antraks pada Manusia

Penyebab utama antraks adalah bakteri bacillus anthracis. Bakteri ini biasanya menginfeksi hewan, terutama sapi namun bisa menular ke manusia jika terlibat kontak dengan hewan yang terinfeksi.

Proses penularan bisa terjadi melalui beberapa cara, yakni melalui luka terbuka di kulit, saluran pernapasan, dan melalui saluran pencernaan. Selain itu, bakteri penyebab antraks juga bisa masuk ke dalam tubuh melalui jalur suntik.

Namun, melansir 'Buku Pintar Penanggulangan Wabah Penyakit Dunia dan Nasional' terbitan Diva Press, cara penularan antraks pada manusia melalui jalur suntik biasanya terjadi pada pengguna narkoba yang memakai jarum suntik secara bergantian.

Untuk mencegah antraks, sebaiknya orang-orang yang sehari-hari bekerja dengan hewan atau produk hewan rutin mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun setiap kali selesai bekerja,

Selain itu, selama bekerja penting untuk menggunakan alat pelindung diri, seperti masker, goggle (kacamata pelindung), sarung tangan dan apron. Nah, semoga informasi cara penularan antraks di atas bisa menambah wawasan kamu ya!

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut