get app
inews
Aa
Read Next : Awas Antraks! Begini Cara Penularan dan Langkah Mencegahnya

WNA Polandia Terinfeksi Covid-19 Varian Kraken di Balikpapan Ternyata Pekerja Migas

Kamis, 26 Januari 2023 | 12:36 WIB
header img
Covid-19 XBB.1.5 atau kraken sudah masuk ke Indonesia (Foto: okezone)

BALIKPAPAN, iNewsBalikpapan.id - Varian Covid-19 XBB.1.5 atau kraken ditemukan di Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim). Temuan virus varian itu berasal dari pekerja minyak dan gas warga negara asing (WNA) asal Polandia berinisial JBS (45).

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Balikpapan M Zainul Mukhorobin mengatakan, WNA itu merupakan pekerja migas dilepas pantai Selat Makassar.

Diketahui, JBS ini tiba di Balikpapan datang bersama tim kerjanya berjumlah 13 orang yang terdiri dari delapan Warga Negara Indonesia (WNI) dan lima WNA. Namun, dari hasil pemeriksaan ke 12 rekannya dinyatakan negatif. Hanya JBS saya yang positif.

"JBS kewarganegaraan Polandia, salah satu kru atau pekerja di bendera kontrakor PT UR, yang mensuplai kebutuhan tenaga yang melakukan pengeboran migas dilepas pantai Selat Makassar," katanya, Kamis (26/1/2023).

JBS, kata dia, terkonfirmasi positif Covid-19 varian kraken setelah sampel whole genome sequencing atau (wgs) yang bersangkutan diperiksa di laboratoirum Universitas Mulawarman pada 16 Januari 2023 lalu. 

"Hasil pcr-nya positif, tanggal 12 sampel dikirim ke Universitas Mulawarman melalui dinas kesehatan provinsi untuk diperiksakan wgs, untuk mengetahui sub variannya, tanggal 16 keluar hasil wgs dengan sub varian xbb 1.5 atau kraken," ujarnya. 

Saat ini, kata dia, WNA asal Polandia itu telah dinyatakan negatif usai menjalani serangkaian masa isolasi di Balikpapan. 

"Pekerja yang bersangkutan menjalani isolasi tanggal 18 Januari 2023, dilakukan pengecekan rt pcr negatif, selanjutnya dipersiapkan untuk bisa bekerja di site, digeser untuk pengkarantinaan di Hotel P, di wilayah Kota Balikpapan," ujarnya.

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut