get app
inews
Aa
Read Next : Wakil Kepala Otorita Dhonny Rahajoe Ingatkan Warga IKN Jangan Hanya Jadi Penonton

Pengisian Struktural OIKN Mengutamakan Putra Daerah, Lelang Jabatan Dibuka September 2022

Rabu, 14 September 2022 | 17:55 WIB
header img
Kepala OIKN Bambang Susantono. (Istimewa)

BALIKPAPAN, iNews.id – Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono menegaskan, struktur organisasi otorita akan mengutamakan keterlibatan putra daerah. Lelang jabatan dalam rangka pengisian struktur organisasi OIKN dijadwalkan mulai dibuka dalam bulan ini.

“Struktur organisasi sudah disiapkan, sekarang adalah pengisian personel. Mungkin dalam beberapa minggu ke depan kami akan membuka kesempatan buat orang-orang bergabung,” ujar Bambang di Balikpapan, Rabu (14/9/2022).

Proses perekrutan personel OIKN, menurut Bambang pada prinsipnya adalah kompetisi atau memberlakukan seleksi. Meskipun pada dasarnya, Kepala OIKN memiliki hak prerogatif menunjuk orang yang akan mengisi jabatan di struktural OIKN.

“Saya sebenarnya memiliki hak untuk menunjuk, seperti halnya presiden menunjuk saya.  Tapi ada yang langsung ditunjuk ada sebagian tidak. Jadi harus dilelang,” tambahnya.

Bambang menginginkan proses ini tuntas sebelum tenggat waktu pada Desember 2022 mendatang. Karena dengan begitu, OIKN dapat segera pula beroperasi.

“Pokoknya paling lama September, kita ingin sebelum Desember otorita sudah beroperasi,” kata Bambang.

Termasuk pula mengenai pengadaan sektretariat. Namun demikian khusus hal tersebut, kata Bambang, sampai kini pihaknya juga masih menunggu kesiapan anggaran.

Sejauh ini pos anggaran operasional OIKN masih menumpang di Kementerian Sekeretariat Negara (Kemensetneg). Hanya saja secara teknis operasional masih dilakukan oleh tim transisi.

“Yang beroperasi sekarang, on behalf atas nama otorita adalah tim transisi. Makanya disebut tim transisi, untuk mengantar hingga badan otorita secara definitiv terbentuk. Ini (tim transisi) dari semua kementerian, lembaga termasuk juga lho,” ucapnya.

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut