get app
inews
Aa
Read Next : Menteri BUMN Tetapkan Jajaran Komisaris Baru PLN, Nawal Nely Gantikan Tedi Bharata

Ditunjuk Erick Tohir, Ini Daftar Komisaris dan Direksi Baru Pertamina

Senin, 19 September 2022 | 19:18 WIB
header img
Direksi dan komisaris baru PT Pertamina (Persero) telah ditunjuk oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, pada Senin (19/9/2022). (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Direksi dan komisaris baru PT Pertamina (Persero) telah ditunjuk oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, pada Senin (19/9/2022). Susunan Komisaris dan Direksi baru Pertamina tersebut tertuang dalam dua Surat Keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara Nomor SK-198/MBU/09/2022 dan SK-199/MBU/09/2022.

Adapun SK-198/MBU/09/2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota-Anggota Dewan Komisaris Perusahaan Perseroan (Persero) PT Pertamina. Sedangkan SK-199/MBU/09/2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota-Anggota Direksi Perusahaan Perseroan (Perseroan) PT Pertamina. 

Dalam surat keputusan tersebut, Erick Thohir menetapkan Rida Mulyana sebagai Komisaris PT Pertamina (Persero). Posisi ini sebelumnya dijabati Ego Syahrial. Menteri BUMN juga mengangkat Erry Widiastono sebagai Direktur Logistik dan Infrastruktur. Lalu, Atep Salyadi Dariah Saputra sebagai Direktur Strategi, Portofolio dan Pengembangan Usaha (SPPU). 

Corporate Secretary Pertamina, Brahmantya S. Poerwadi menyampaikan bahwa sebagai salah satu kewenangan pemegang saham, Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) telah menetapkan susunan komisaris dan direksi baru Pertamina.

Dalam Surat Keputusan tersebut, pemegang saham juga memberhentikan dengan hormat Ego Syahrial dari jabatan Komisaris, Mulyono dari jabatan Direktur Logistik dan Infrastruktur dan Iman Rachman dari jabatan Direktur SPPU.  “Pertamina mengucapkan terima kasih kepada Bapak Ego Syahrial, Bapak Mulyono dan Bapak Iman Rachman atas dedikasinya untuk Indonesia dan kontribusinya dalam pengelolaan bisnis Pertamina di tengah tantangan pandemi Covid-19,” ungkap Brahmantya, Senin (19/9/2022). 

Berikut profil singkat Komisaris dan Direksi Pertamina baru

1. Rida Mulyana

  Sosoknya sangat kental sebagai pimpinan di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM). Saat ini, dia masih menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM). Sebelum itu, Rida juga pernah menjabat sebagai Direktur Jenderal EBTKE dan Direktur Jenderal Kelistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

2. Erry Widiastono

  Sosoknya sudah dikenal di lingkungan Pertamina Group, karena sebelumnya ia menjabat sebagai Direktur Utama PT Pertamina International Shipping (PIS) pada 13 Juni 2020. Sebelumnya, Erry juga pernah menduduki posisi sebagai Senior Vice President for Shipping PT Pertamina (Persero).

3. Atep Salyadi Dariah Saputra

Berbagai posisi strategis perusahaan pernah dijabat diantaranya Direktur Utama PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) sebagai lembaga pemeringkat perusahaan dan instrumen pasar modal yang terpercaya di Indonesia.

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Profil Singkat Komisaris dan Direksi Baru Pertamina Pilihan Erick Thohir ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/finance/bisnis/profil-singkat-komisaris-dan-direksi-baru-pertamina-pilihan-erick-thohir.

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut