get app
inews
Aa
Read Next : Piala Soeratin U-17: Kalahkan Banten, Kaltim Lolos ke Semifinal

Jokowi Perintahkan Audit Seluruh Stadion Sepak Bola di Indonesia

Rabu, 05 Oktober 2022 | 15:10 WIB
header img
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Foto: MPI)

MALANG, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) untuk melakukan audit terhadap seluruh stadion sepak bola Indonesia. Jokowi tak ingin tragedi di Stadion Kanjuruhan terulang kembali.

"Paling penting Menteri PU (Pekerjaan Umum) audit total seluruh stadion untuk Liga 1, 2, 3, semuanya, apakah gerbangnya sesuai, apakah ukuran sesuai standar," kata Jokowi di sela meninjau korban tragedi Stadion Kanjuruhan di Malang, Jawa Timur, Rabu (5/10/2022).

Ia juga menyerukan perbaikan terhadap semua aspek pengelolaan stadion sepak bola. Tak terkecuali manajemen pertandingan yang digelar di stadion.

"Manajemen lapangan yang pegang kendali siapa, dari peristiwa ini kita perbaiki semuanya, manajemen pengelolaan stadion, manajemen pertandingan," tegasnya.

Menurutnya FIFA bersedia membantu dalam memperbaiki tata kelola sepakbola di Indonesia. Hal ini terungkap ketika Jokowi melakukan komunikasi dengan Presiden FIFA Gianni Infantino, beberapa hari lalu.

"Senin malam saya telepon Presiden FIFA Infantino, beliau sampaikan kalau diperlukan FIFA bisa bantu perbaiki tata kelola sepak bola Indonesia," kata Jokowi.

Perlu diketahui bahwa hingga saat ini Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) masih menyelidiki kasus tersebut. TGIPF ditenggat selama tiga pekan untuk melaporkan hasil investigasi kepada Jokowi.

Satu di antara fokus investigasi tersebut yakni mengungkap pelaku pelanggaran dalam insiden laga Arema vs Persebaya yang dihelat di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (1/10/2022) lalu.

Melalui investigasi pula, TGIPF berupaya memberikan rekomendasi guna sinkronisasi regulasi FIFA dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.

"Tim akan merekomendasikan sinkronisasi regulasi baik regulasi FIFA dan peraturan perundangan kita, dan tentu sosialisasi serta pemahaman kepada seluruh stakeholder sepak bola, aparat keamanan, suporter, offical, dan sebagainya," kata Ketua TGIPF Mahfud MD, Selasa (4/10/2022) kemarin.
 

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Jokowi: Audit Total Seluruh Stadion Sepak Bola, Semuanya! ", Klik untuk baca: 

https://www.inews.id/news/nasional/jokowi-audit-total-seluruh-stadion-sepak-bola-semuanya/2.

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut