get app
inews
Aa Read Next : 2 Pelaku Pelemparan Batu Bus Pemain Persis Solo Dibekuk Polisi

Inilah Deretan Bus Tingkat Paling Keren Buatan Asli Indonesia

Senin, 10 Oktober 2022 | 21:42 WIB
header img
Legacy SR2 DD Laksana, salah satu bus tingkat buatan Indonesia yang paling keren. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Bus memang menjadi salah satu angkutan umum darat yang seolah tidak ada matinya. Dan inilah deretan bus tingkat paling keren buatan Indonesia

Banyak perusahaan otobus (PO) dan karoseri lokal berlomba-lomba untuk menghadirkan bus tingkat terbaiknya. Karoseri sebagai pihak yang membuat body dan interior bus di luar chasis dan mesin memegang faktor penting dalam lahirnya bus tingkat.

Berikut adalah 7 bus tingkat buatan Indonesia yang dirangkum iNews.id, Senin (10/10/2022).

1. Jetliner Double Decker - Rahayu Sentosa

Pada tahun 2019, karoseri asal Bogor tidak mau ketinggalan dengan merilis sebuah bus tingkat mereka, Jetliner Double Decker. Bus tingkat mewah ini menggunakan sasasis premium dari Mercedes Benz OC 500 RF-2542. Livery bus Jetliner Double Decker ini tampak mencolok dengan warna hijau yang terang.

2.Three Star Patriot Double Decker - Morodadi Prima

Karoseri Morodadi Prima menggarap bus tingkat dari PO OBL (Safari Dharma Raya), Three Star Patriot Double Decker. Bus ini memiliki desain bodi unik dengan tampilan yang kotak. Pembuatan bus ini terinspirasi dari bus Jerman yaitu Daimler Setra. Bus ini menggunakan sasis sasis Mercedes-Benz OC500RF 2542.

3. Conqueror - Nusantara Gemilang (PO Nusantara)

Conqueror adalah bus tingkat mewah keluaran perusahaan otobus legendaris asal Kudus, PO Nusantara. Bus tingkat ini digarap oleh karoseri milik PO Nusantara sendiri yakni Nusantara Gemilang bersama karoseri asal Malaysia, Gemilang Coachwork.

Bus tingkat ini dibuat dalam rangka perayaan ulang tahun ke-50 PO Nusantara pada tahun 2018 silam. Bus tingkat ini memakai sasis buatan Jerman yakni MAN.

4. Avante D2 - Tentrem

Sepak terjang karoseri PT. Tentrem Sejahtera dalam dunia transportasi Tanah Air tidak perlu dipertanyakan lagi. Tentrem tidak pernah mau ketinggalan untuk meluncurkan bus tingkat terbaiknya.

Bus double decker yang dirilis Tentrem bertajuk Avante D2 yang memiliki desain unik. Bus tingkat ini tampak lebih gagah dengan penampakan  bagian kepala yang sedikit menonjol.

5. Jetbus3+ SDD - Adiputro

Perusahaan karoseri asal Malang, PT. Adiputro Worasejati adalah salah satu pelopor pembuat bus tingkat di Indonesia. Adiputro telah memperkenalkan seri double decker mereka yang bertajuk Jetbus2+ SDD. Bus ini dirilis di pameran GIIAS tahun 2015.

Empat tahun kemudian tepatnya pada 2019, perusahaan ini kembali merilis double decker mereka yakni Jetbus3+ SDD.

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut