get app
inews
Aa Read Next : Antisipasi Sulit Dapat Elpiji 3 Kg di Balikpapan, Pertamina Gelar Operasi Pasar

Komplotan Maling Tabung Elpiji di Balikpapan Tertangkap, Video Aksi Kejahatannya Sempat Viral

Selasa, 11 Oktober 2022 | 17:50 WIB
header img
Komplotan pencuri puluhan tabung elpiji dan botol minyak goreng yang aksinya sempat viral, berhasil diringkus kepolisian. (iNews.id/RoyM)

BALIKPAPAN, iNews.id – Identitas dua pria pencuri puluhan tabung elpiji dan botol minyak goreng yang aksinya sempat viral di jejaring sosial media, berhasil terungkap oleh kepolisian. Salah satu komplotan pelaku berinisial SN diringkus tanpa perlawanan.

Kapolsek Balikpapan Barat Komisaris Djoko Purwanto menerangkan, aksi pembobolan toko di kawasan Baru Ilir Balikpapan Barat, dilancarkan SN bersama rekannya RS pada Selasa, 4 Oktober 2022 dinihari. Identitas mereka terungkap setelah anggota mengecek rekaman CCTV toko dari pemilik.

“Yang tertangkap inisial SN, kita amankan di wilayah Balikpapan Barat. Temannya satu lagi dalam pengejaran,” ujar Djoko di Mapolresta Balikpapan, Senin (11/10/2022).

Kejadian pencurian pertama kali diketahui oleh pemilik toko setelah mendapati barang dagangannya berkurang. Pemilik toko lantas mengecek CCTV untuk kemudian dilaporkan kepada Polisi.

Aksi komplotan diawali dengan berkeliling berboncengan sepeda motor pukul 1.00 Wita untuk mengintai toko-toko yang tidak terkunci. Kebetulan, toko milik korban saat itu dalam keadaan sedikit terbuka.

Melihat itu, keduanya langsung masuk dengan mudah hingga berhasil menggasak 27 tabung elpiji tiga kilogram dan 24 botol minyak goreng.

“RS masuk ke toko untuk mengambil barang-barang, sedangkan SN mengawasi situasi di luar toko dari atas motor,” katanya.

Seluruh barang curian dibawa kabur dengan cara diangkut menggunakan sepeda motor. Kedua pelaku harus bolak-balik mengangkut agar dapat membawa kabur seluruh hasil jarahannya.

“Ada tiga kali bolak-balik. Karena berboncengan mereka bisa taruh dua atau empat tabung di depan, dua lagi dipegang di sebelah kanan-kiri,” jelas Kapolsek.

Sebagian hasil curian sempat dijual oleh kedua tersangka seharga Rp100 ribu per tabung. Tersangka SN mengaku diajak oleh rekannya RS untuk melakukan aksi pencurian tersebut.

“Diajak sama teman saya. Hasil curian buat beli kebutuhan sehari-hari,” tutur SN.

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut