get app
inews
Aa Read Next : Daftar Makanan Dapat Menurunkan Kolesterol Alami, Mudah Didapat Asli Indonesia

Catat! Ini Daftar Makanan Sehari-hari Mengandung Kolesterol

Selasa, 01 November 2022 | 08:37 WIB
header img
Makanan Sehari-hari yang Mengandung Kolesterol, Jangan Dikonsumsi Berlebihan ( Foto : dok. SINDOnews)

JAKARTA,iNews.id - Makanan sehari-hari yang mengandung kolesterol sebaiknya jangan dikonsumsi berlebihan. Pasalnya, orang yang menderita kolesterol tinggi memiliki sejumlah pantangan dalam hal mengonsumsi makanan.

Kadar kolesterol yang terlalu tinggi bisa menimbulkan risiko munculnya penyakit serius. Seperti stroke hingga jantung. Berikut daftar makanan sehari-hari yang mengandung kolesterol seperti dilansir dari Health Line, Selasa (1/11/2022).

1. Seafood

Beberapa jenis makanan laut seperti udang, lobster, hingga caviar juga mengandung kolesterol tinggi. Bagi Anda yang ingin mengonsumsinya, sebaiknya tidak berlebihan. Perhatikan juga cara memasaknya. Paling baik adalah direbus atau dikukus, bukan digoreng.


2. Makanan Cepat Saji

Mengonsumsi makanan cepat saji menjadi salah satu faktor risiko utama berbagai penyakit kronis, termasuk penyakit jantung, diabetes, dan obesitas. Seseorang yang sering mengonsumsi makanan cepat saji cenderung memiliki kolesterol lebih tinggi, lebih banyak lemak perut, memiliki tingkat peradangan yang lebih tinggi, dan gangguan pengaturan gula darah.

Anda juga bisa beralih ke makanan laut lain. Pilihlah yang mengandung lemak baik seperti omega-3. Ikan salmon, sarden, dan tuna yang tinggi akan omega-3 dapat meningkatkan kolesterol baik, sekaligus menurunkan kadar kolesterol jahat.

3. Gorengan

Pada dasarnya, makanan-makanan yang digoreng dengan minyak atau margarin kadar kolesterolnya akan langsung naik. Terlebih, jika dimasak dalam minyak jelantah yang sudah dipakai menggoreng beberapa kali. Misalnya tahu, tempe, bakwan, martabak telur, dan ayam goreng. Cobalah untuk memasak dengan cara sehat lainnya, tanpa digoreng. Misalnya kukus atau rebus.


4. Jeroan

Tak bisa dipungkiri, orang Indonesia kerap menggemari olahan jeroan alias organ dalam seperti otak, usus, babat, hati, dan sebagainya. Jeroan memang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi, apalagi sampai berlebihan karena tingginya kandungan kolesterol. Cara mengolah jeroan dengan menambahkan santan bisa membuat kadar kolesterolnya meroket, sehigga membahayakan kesehatan.

5. Keju dan Susu

Keju dan susu merupakan jenis makanan yang memiliki kandungan lemak dan kolesterol tinggi. Anda masih bisa mengonsumsi susu dan keju jika memiliki kolesterol tinggi, tetapi sebaiknya pilih keju dan susu yang rendah lemak.

6. Produk Minuman Kemasan

Sederet produk minuman kemasan seperti jus buah, minuman bersoda, teh, kopi, serta minuman lainnya memiliki kadar gula pemanis yang tinggi. Gula pemanis seperti gula pasir atau gula jagung diketahui berhubungan dengan rendahnya kadar kolesterol baik. Oleh karena itu, konsumsi gula tambahan perlu dibatasi, maksimum 6 sendok atau 25 gram per hari.

Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com pada Selasa, 01 November 2022 - 06:30 WIB oleh Wiwie Heriyani dengan judul "6 Makanan Sehari-hari yang Mengandung Kolesterol, Jangan Dikonsumsi Berlebihan | Halaman 3". 

Editor : Mukmin Azis

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut