get app
inews
Aa Read Next : Daftar Makanan Dapat Menurunkan Kolesterol Alami, Mudah Didapat Asli Indonesia

Asam Urat Tinggi, Kenali Ciri dan Tandanya

Kamis, 17 November 2022 | 14:31 WIB
header img
Ciri-ciri asam urat tinggi yang perlu diwaspadai karena penyakit ini dapat menyerang siapapun dan terlihat pada kaki (Foto: Ilustrasi)

JAKARTA, iNews.id - Ciri-ciri asam urat tinggi penting diketahui agar tidak gagal paham dalam penanganannya. Apalagi penyakit ini tidak hanya menyerang kalangan orang tua saja namun ditemui juga pada anak muda.

Asam urat adalah suatu penyakit akibat dari mengkonsumsi zat purin dalam skala yang berlebih. Zat purin biasanya terdapat pada makanan contohnya makanan laut, daging binatang yang berkaki empat, dan makanan yang kaya akan protein dan lemak.

Penyebabnya adalah karena zat purin yang terdapat dalam tubuh dan ginjal tidak mampu mengeluarkannya sehingga terjadi penumpukan. Untuk itu, simak informasi berikut.

Ciri-ciri Asam Urat Tinggi

Nyeri Sendi 

Nyeri sendi disebabkan oleh munculnya kristal urat di sendi akibat kondisi kadar asam urat yang terlalu tinggi pada darah. Biasanya daerah yang sering terasa nyeri adalah jempol kaki diikuti dengan pergelangan kaki, lutut, siku, serta jari tangan. Nyeri sendi awal biasanya terjadi pada malam hari selama kurun waktu 3-10 hari..

Timbul Bengkak

Terjadinya pembengkakan merupakan ciri-ciri dari asam urat tinggi, dan bengkak biasanya tak hanya di bagian sendi namun juga sekitar sendi.

Selain itu, ada 2 faktor yang menjadi alasan kenapa seseorang mengalami pembengkakan ketika asam urat naik, yaitu karena jaringan pelapis sendi yang dikenal dengan sinovium membengkak yang disebabkan oleh kristal asam urat yang terbentuk dapat bergesekan dengan sinovium tadi dan adanya peningkatan volume cairan sinovial atau pelumas sendi saat terjadinya peradangan.

Warna Kulit Menjadi Merah

Asam urat yang menumpuk yang tidak dikeluarkan oleh ginjal membentuk kristal pada area persendian, lalu kristal ini menyebabkan peradangan kemudian karena peradangan tersebut terjadilah pembengkakan.

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut