get app
inews
Aa Read Next : Daftar Makanan Dapat Menurunkan Kolesterol Alami, Mudah Didapat Asli Indonesia

Catat! Ini Daftar Makanan Sehari-hari Mengandung Kolesterol

Selasa, 01 November 2022 | 08:37 WIB
header img
Makanan Sehari-hari yang Mengandung Kolesterol, Jangan Dikonsumsi Berlebihan ( Foto : dok. SINDOnews)

JAKARTA,iNews.id - Makanan sehari-hari yang mengandung kolesterol sebaiknya jangan dikonsumsi berlebihan. Pasalnya, orang yang menderita kolesterol tinggi memiliki sejumlah pantangan dalam hal mengonsumsi makanan.

Kadar kolesterol yang terlalu tinggi bisa menimbulkan risiko munculnya penyakit serius. Seperti stroke hingga jantung. Berikut daftar makanan sehari-hari yang mengandung kolesterol seperti dilansir dari Health Line, Selasa (1/11/2022).

1. Seafood

Beberapa jenis makanan laut seperti udang, lobster, hingga caviar juga mengandung kolesterol tinggi. Bagi Anda yang ingin mengonsumsinya, sebaiknya tidak berlebihan. Perhatikan juga cara memasaknya. Paling baik adalah direbus atau dikukus, bukan digoreng.


2. Makanan Cepat Saji

Mengonsumsi makanan cepat saji menjadi salah satu faktor risiko utama berbagai penyakit kronis, termasuk penyakit jantung, diabetes, dan obesitas. Seseorang yang sering mengonsumsi makanan cepat saji cenderung memiliki kolesterol lebih tinggi, lebih banyak lemak perut, memiliki tingkat peradangan yang lebih tinggi, dan gangguan pengaturan gula darah.

Anda juga bisa beralih ke makanan laut lain. Pilihlah yang mengandung lemak baik seperti omega-3. Ikan salmon, sarden, dan tuna yang tinggi akan omega-3 dapat meningkatkan kolesterol baik, sekaligus menurunkan kadar kolesterol jahat.

3. Gorengan

Pada dasarnya, makanan-makanan yang digoreng dengan minyak atau margarin kadar kolesterolnya akan langsung naik. Terlebih, jika dimasak dalam minyak jelantah yang sudah dipakai menggoreng beberapa kali. Misalnya tahu, tempe, bakwan, martabak telur, dan ayam goreng. Cobalah untuk memasak dengan cara sehat lainnya, tanpa digoreng. Misalnya kukus atau rebus.

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut