get app
inews
Aa Read Next : 1 Ramadhan 1445 H Diperkirakan Selasa 12 Maret 2024

Gerhana Bulan Total 8 November, Warga Diserukan Gelar Salat Gerhana

Jum'at, 04 November 2022 | 15:14 WIB
header img
Gerhana bulan total yang diperkirakan terjadi pada 8 November 2022. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama menerbitkan seruan salat Gerhana atau salat Khusuf. Seruan dikeluarkan menyusul prediksi akan terjadi gerhana bulan pada Selasa 8 November 2022. 

"Insya Allah, pada Selasa 8 November 2022, akan terjadi Gerhana Bulan Total di seluruh wilayah Indonesia," ujar Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag, Kamaruddin, dikutip dari laman resmi Kemenag, Jumat (4/11/2022). 

Seruan telah diteruskan ke daerah untuk bersama para ulama, pimpinan ormas Islam, imam masjid, pemerintah daerah dan masyarakat untuk melaksanakan salat gerhana bulan. 

"Pelaksanaan salat disesuaikan dengan situasi dan kondisi daerahnya masing-masing. Kami juga mengimbau masyarakat memperbanyak zikir, istighfar, sedekah dan amal saleh lainnya, serta mendoakan kesejahteraan dan kemajuan bangsa," katanya

Informasinya, masyarakat di Riau, Jambi, Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, dan Kalimantan Barat, dapat melihat gerhana bulan total pada waktu puncak gerhana, yakni 17:59 WIB. 

Artikel ini telah tayang di sumsel.inews.id dengan judul " 8 November Gerhana Bulan Total, Kemenag Serukan Salaf Khusuf "

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut