get app
inews
Aa Read Next : Menparekraf Perkuat Literasi Digital Santri di Balikpapan Lewat Santri Digitalpreneur

Dukung Pasokan Pangan Ke IKN, Bulog Siap Tambah Gudang Penyimpanan di Samboja

Selasa, 08 November 2022 | 11:33 WIB
header img
Kantor Wilayah (Kanwil) Bulog Kaltimtara. (Foto: Istimewa)

BALIKPAPAN, iNews.id – Kantor Wilayah (Kanwil) Bulog Kaltimtara tengah mempersiapkan kemungkinan lonjakan permintaan pasokan bahan pangan sebagai dampak pemindahan Ibukota Negara (IKN) Nusantara. Sebagai bentuk dukungan, Bulog berencana menambah gudang penyimpanan di sekitar wilayah IKN.

Kepala Kanwil Bulog Kaltimtara Arrahim K Kanam menerangkan, proyeksi tersebut akan memanfaatkan aset pihaknya yang berlokasi di Kilometer 28, Kecamatan Samboja Kutai Kartanegara. Keberadaan gudang tersebut nantinya tentu akan menambah daya dukungan ketersediaan pasokan bahan pangan ke IKN.

“Yang saat ini ada di Balikpapan dan satu lagi di Labangka, Penajam Paser Utara. Aset kami yang ada di Samboja juga bisa diproyeksi menjadi gudang penyimpanan, hanya berjarak sekitar 32 KM dari titik nol IKN,” kata Arrahim. 

Proyeksi tersebut bukan hanya ditujukan memenuhi ketersediaan pasokan dan stabilisasi harga bahan pangan di IKN, tapi juga terhadap daerah penyangga di sekitarnya.

“26 Kanwil Bulog saling terhubung, untuk saling support ketersediaan pasokan. Di mana ada daerah yang memerlukan pasokan lebih banyak, maka akan segera dilakukan distribusi,” jelasnya.

Peningkatan jumlah penduduk diperkirakan menjadi dampak paling mendasar dari pemindahan IKN. Dengan begitu, maka jumlah permintaan akan bahan pangan bakal turut mengalami peningkatan.

Editor : Mukmin Azis

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut