Logo Network
Network

Tiga Menteri Ikut Gladi Ngunduh Mantu Pernikahan Kaesang-Erina, Prosesi juga Libatkan Paspampres

Bramantyo
.
Minggu, 27 November 2022 | 19:00 WIB
Tiga Menteri Ikut Gladi Ngunduh Mantu Pernikahan Kaesang-Erina, Prosesi juga Libatkan Paspampres
Tiga menteri ikuti gladi ngunduh mantu pernikahan Kaesang Pangarep-Erina Gudono di Kota Solo. (Foto: Bramantyo)

SOLO, iNewsBalikpapan.id – Tiga menteri mengikuti gladi ngunduh mantu pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono. Keluarga besar Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar gladi ngunduh mantu di Kota Solo pada Minggu (27/11/2022).

Tiga menteri yang mengikuti gladi tersebut yakni, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia. Gladi ngunduh mantu juga melibatkan sejumlah personel Paspampres.

Prosesi dimulai dari rumah dinas Wali Kota Solo, Loji Gandrung. Dari tempat itu, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi kemudian menaiki kereta kencana menuju Pura Mangkunegaran, lokasi dilangsungkannya resepsi ngunduh mantu.

Sementara Menteri Investasi Bahlil Lahadalia menyusul menggunakan sepeda lipat.Setibanya di Pura Mangkunegaran, ketiga menteri tadi masuk dengan berjalan kaki.

Di dalam Pura Mangkunegaran, ketiga menteri tampak saling berkoordinasi terkait prosesi ngunduh mantu putra bungsu Presiden Jokowi itu. Sementara Kaesang tak terlihat di sepanjang gladi berlangsung.

Erick Thohir mengatakan, koordinasi yang dilakukannya bersama menteri lain dan berbagai pihak yang terlibat membahas soal lokasi parkir, tempat transit, halaman Pura Mangkunegaran hingga Pendapa Ageng Pura Mangkunegaran.

Gladi ini dilakukan agar kegiatan Ngunduh Mantu Kaesang-Erina berjalan lancar. Salah satu yang utama, kata Erick, prosesi tersebut diupayakan tidak menggangu hak masyarakat lainnya.

"Baik, hari ini kami menggelar Ngunduh Mantu yang dipusatkan di Lodji Gandrung. Semua prosesi ini kami lakukan di Lodji Gandrung sesuai dengan tradisi Jawa. Kami tak berani meninggalkan tradisi Jawa. Setelah selesai, kami melanjutkan ke Pura Mangkunegaran," ujar Erick Thohir.

“Jadi alhamdulillah hari ini, ngunduh mantu kan di Loji Gandrung semua acara di sana baru naik kereta ke sini (Pura Mangkunegaran)," lanjutnya usai meninjau Pura Mangkunegaran.

Kereta kencana yang sebelumnya dinaiki bersama Menhub Budi Karya menjadi bagian dari rangkaian prosesi ngunduh mantu. Kereta kencana tersebut akan digunakan oleh kedua calon mempelai untuk menyapa para masyarakat.

Rencananya ada 9 atau 10 kereta yang akan digunakan saat prosesi ngunduh mantu.

"Kereta kencana itu bagian dari prosesi. Nantinya kedua pengantin akan naik kereta kencana sambil menyapa masyarakat," tuturnya.

Informasi terbaru menyebutkan bahwa Presiden Jokowi mengunjungi Kota Solo pada esok hari. Jokowi bakal mengecek persiapan akhir ngunduh mantu, sekaligus memenuhi agenda kunjungan kerja lainnya di Solo.

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News

Bagikan Artikel Ini