get app
inews
Aa Read Next : Gunung Semeru Banjir Lahar, Seorang Operator Alat Berat Tewas Terseret Arus

Pesona dan Keunikan Gunung Semeru, Surga Hingga Puncak Abadi Para Dewa

Minggu, 04 Desember 2022 | 16:54 WIB
header img
Gunung Semeru mengalami erupsi pada Minggu (4/12/2022). (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsBalikpapan.idGunung Semeru di Jawa Timur dikenal memiliki pesona alam yang luar biasa. Gunung berapi dengan ketinggian mencapai 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl) dan tercatat sebagai yang tertinggi di Pulau Jawa itu turut menyimpan sejumlah keunikan.

Gunung Semeru mengalami erupsi pada Minggu (4/12/2022), tepatnya pada pukul 02.46 WIB dini hari. Peristiwa tersebut akibat subduksi Lempeng Indo-Australia kebawah Lempeng Eurasia.

Semeru tercatat sebagai gunung tertinggi ketiga di Indonesia, setelah Gunung Kerinci di Sumatra dan Gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat.

Pesona alam Semeru selalu menjadi daya tarik. Hingga gunung tersebut dipilih sebagai lokasi syuting film 5 cm yang sempat trending di Indonesia. Sejak film tersebut tayang, semakin banyak pula pendaki yang menjajaki Gunung Semeru.

Pesona Semeru tak hanya menarik para pendaki nusantara tapi juga memikat pendaki internasional. Mereka datang silih berganti demi mencapai Mahameru yang dikenal sebagai puncak abadi para dewa. Puncak Gunung Semeru hanya boleh disinggahi maksimal hingga pukul 10 pagi.

Selain pesona alam, gunung Semeru juga memiliki keunikan. Berikut keunikan Gunung Semeru:

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut