get app
inews
Aa Read Next : Kelistrikan di IKN, Dirjen Gatik Pastikan Progres Berjalan Lancar

Kadin Balikpapan Dukung Penuh Pembangunan IKN di Kaltim Menuju Indonesia Emas 2045

Kamis, 22 Desember 2022 | 18:47 WIB
header img
Ketua Kadin Kota Balikpapan Yaser Arafat. (Foto: istimewa)

BALIKPAPAN,iNewsBalikpapan.id - Kamar Dagang dan Industri atau Kadin Kota Balikpapan mendukung penuh rencana Presiden Joko Widodo terkait Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara dii Kalimantan Timur.

Ketua Kadin kota Balikpapan Yaser Arafat Syahril mengungkapkan IKN Nusantara diharapkan menjadi simbol bangsa Indonesia untuk melahirkan Indonesia baru yang dapat menjawab tantangan global, transformasi menuju smart city berbasis teknologi, berorientasi keberlanjutan sumber daya dan lingkungan menuju Indonesia emas 2045.

"Saya selaku Ketua Kadin Balikpapan menyampaikan konsistensi dukungan terhadap kesuksesan pembangunan IKN.
IKN adalah legacy (kebijakan) yang terbaik yang Indonesia berikan terhadap masyarakat Kalimantan Timur khususnya. Maka dalam hal ini bagaimana caranya apapun itu IKN harus tetap jalan terus, sukses dan berhasil," kata Yaser Arafat, Kamis (22/12/2022).

Dia menambahkan hadirnya IKN juga membawa nuansa dan visi yang terbaru daripada wajah Indonesia di mata dunia. IKN hadir membangkitkan gairah para pelaku usaha di daerah juga memastikan terlaksananya reformasi struktural, termasuk penerapan environmental social dan governance guna mewujudkan ekonomi hijau.

"Tagline nya sebagaimana Presiden Jokowi sampaikan sungguh sangat luar biasa yaitu menciptakan Green Environment, hari ini adalah hari yang membuktikan bahwa negara sungguh sangat memperhatikan masyarakat Indonesia khususnya Kalimantan Timur karena kita sama-sama paham bumi borneo selalu dieksploitasi hasil alamnya baik hutan nya maupun hasil alamnya, " ujar dia.

Lanjut dia, tak dipungkiri jika perpindahan ibukota ke Kaltim akan bersinergi dengan  aspek lingkungan hidup yang juga wajib jadi perhatian pemerintah nantinya.

"Dengan hadirnya pemerintah disini, dengan nuansa baru yang didalamnya lebih dari 70 persen memperhatikan lingkungan hidup, maka itu pula yang akan menjaga konsistensi Indonesia dan masyarakat Kalimantan Timur pada umumnya. Itu dari segi lingkungan nya, " imbuhnya.

Ibu kota negara baru itu akan menjadi showcase transformasi bukanya hanya di bidang lingkungan saja juga cara kerja terutama daya serap tenaga kerja dimana diperkirakan menciptakan 3 juta lapangan kerja baru.

"Banyak hal yang bisa dikaryakan karena proyek IKN sungguh sangat besar secara nominal angkanya dan itu dibutuhkan bersama sama bukan hanya dari pemerintah melainkan swasta juga pun ikut hadir disana. Tentunya masih banyak karya dan pekerjaan yang bisa dikolaborasikan dengan mengoptimalkan orang lokal, pengusaha lokal dan tenaga kerja lokal, maka yang itu patut dan harus wajib kita dukung semua," ungkap Yaser.

Adapun langkah kongkrit daripada Kadin Balikpapan dalam rangka menyiapkan sumber daya manusia maupun alat serta support didalam memenuhi kebutuhan IKN, Kadin Balikpapan telah menyiapkan pengusaha-pengusaha, para pekerja, dan orang lokal yang siap berkontribusi.

"Kita tentunya juga menyiapkan SDM dengan spesifikasi IKN yang standar tinggi dengan mensertifikatkan mereka melatih mereka, tinggal nanti setelah siap kami akan sowan dengan Badan Otorita IKN bagaimana orang lokal ini bisa diberdayakan, bisa eksis, bisa bermaslahat dan bermanfaat bagi keberhasilan pembangunan IKN, " beber dia.

Kadin Balikpapan juga menilai, sebagai daerah penyangga IKN di Balikpapan tentunya dengan bertambahnya jumlah penduduk, maka bertambah pula kebutuhan penduduk, tentunya demografi akan mempengaruhi daripada Kota Balikpapan itu sendiri.

"Sebagaimana Balikpapan adalah pintu gerbang IKN, jadi wajahnya keberhasilan IKN juga ditentukan daripada pintu gerbangnya itu sendiri. Hari ini Balikpapan kita minta ke depan, dalam rangka juga mensukseskan IKN Balikpapan juga harus dikaryakan, dibantu baik dari infrastruktur maupun daripada wajahnya juga dipercantik, sehingga begitu orang masuk dari Balikpapan menuju ke IKN, itu akan menambah keberhasilan dari IKN tersebut, " katanya.

Kadin Balikpapan siap berkontribusi, bermaslahat, bermanfaat dalam mensukseskan pembangunan IKN. Kadin Balikpapan secara konsisten terus menyuarakan dukungan dan siap berkontribusi dalam menyukseskan pembangunan IKN di Kalimantan Timur

"Kadin Balikpapan mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi yang telah berani dan telah luar biasa memutuskan sesuatu yang tidak mudah tapi memang itu yang terbaik untuk masyarakat Indonesia tercinta, " tutup Yaser. 

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut