get app
inews
Aa Read Next : Pertamina Pastikan Stok dan Penyaluran BBM, LPG dan Avtur Aman di Kaltim

Pesona Pulau Sangalaki, Rumah Sejuta Penyu

Kamis, 29 Desember 2022 | 14:00 WIB
header img
Pulau Sangalaki jadi tempat sejuta penyu. (Foto: Antara/iNews)

JAKARTA, iNewsBalikpapan.id - Pulau Sangalaki merupakan salah satu pulau kecil yang ada di Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur (Kaltim). Pulau ini memiliki luas 15,9 hektare. Pulau ini memiliki lagon dangkal berdasar pasir dan ditumbuhi oleh karang dan lamun. Di perairan sekitarnya juga terdapat taman laut dan terkenal sebagai wisata selam (diving). 

Bukan itu saja, pulau ini juga terkenal karena menjadi salah satu habitat penyu seperti penyu hijau (Green Sea Turtle) dan penyu sisik (Hawksbill Sea Turtle).  Kedua penyu tersebut dapat dibedakan dari moncongnya. Penyu sisik mempunyai moncong yang lebih tajam, makanya dinamakan hawksbill. Pulau ini juga menjadi lokasi utama bagi penyu hijau di Asia Tenggara untuk bertelur.

Kedua penyu tersebut termasuk satwa yang dilindungi berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 7 tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa.  Namun, bukan hanya kedua penyu itu saja yang dilindungi, ada empat jenis penyu lain juga yang dilindungi yakni penyu belimbing (Dermochelys coriacea), penyu pipih (Natator depressus), penyu tempayan (Caretta caretta) dan penyu lekang (Lepidochelys olivacea).

Bukan hanya penyu, di pulau ini juga terdapat beraneka ragam biota laut yang terkenal yakni ikan pari manta. Ikan pari manta biasa berkelompok di perairan pulau ini dan dapat berkumpul hingga 20 ekor pari pada saat terang bulan.

Biasanya, mereka menuju ke pulau ini untuk mencari makan berupa bermacam-macam jenis plankton yang banyak terdapat di perairan ini.   Di Pulau Sangalaki ini juga terdapat beberapa resort yang berupa pondok-pondok yang menghadap ke laut di sekitar pantai.  

Di resort ini juga menyediakan bar, restoran dengan berbagai macam menu seafood dan makanan khas Kalimantan Timur, speedboat, hingga peralatan menyelam bagi ada yang suka dengan diving.

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut