get app
inews
Aa Read Next : Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Vietnam di Final Piala AFF U-23 2023 Malam Ini

Kalahkan Vietnam, Timnas Thailand Juara Piala AFF 2022, Koleksi Gelar Ketujuh Kali

Senin, 16 Januari 2023 | 21:56 WIB
header img
Timnas Thailand berhasil keluar sebagai juara Piala AFF 2022 usai berhasil mengalahkan Vietnam 1-0 pada laga leg 2 di Thammasat Stadium, Bangkok. (Foto: instagram)

BANGKOK, iNewsBalikpapan.id – Timnas Thailand berhasil keluar sebagai juara Piala AFF 2022 usai berhasil mengalahkan Vietnam 1-0 pada laga leg 2 di Thammasat Stadium, Bangkok Senin (16/1/2023) malam WIB. Teerathon Bunmathan meraih juara ke 7 kalinya usai menang dengan skor agregat 3-2 setelah sebelumnya bermain imbang 2-2 di leg pertama.

Thailand sukses mengoleksi gelar Piala AFF ketujuh mereka. Sebelumnya, mereka sudah menjadi tim terbaik di ASEAN pada edisi 1996, 2000, 2002, 2014, 2016 dan 2020.

Tampil di depan publik sendiri, The War Elephants –julukan Thailand- langsung tancap gas sejak pertandingan dimulai. Mereka bermain dalam tempo cepat dan membuat Vietnam kerepotan.

Saat laga baru berjalan lima menit, Pasukan Alexandre Polking pun nyaris mencetak gol pembuka lewat Adisak Kraisorn yang berhasil merebut bola dari kesalahan yang dibuat bek lawan, Bui Hoang Viet Anh. Namun, tendangan kaki kiri yang dilepaskannya dari dalam kotak penalti hanya mengarah ke samping kiri gawang.

Tiga menit kemudian, The Golden Stars –julukan Vietnam- gantian mengancam pertahanan tim tuan rumah lewat pergerakan Nguyen Hoang Duc yang menusuk ke kotak penalti dari sisi kanan. Akan tetapi, tendangan melengkung yang dilesatkannya dengan kaki kiri masih melambung jauh di atas mistar gawang.

Pada menit 24 akhirnya serangan Thailand membuahkan gol. Tendangan jarak jauh yang dilepaskan oleh sang kapten, Theerathon Bunmathan merangsek masuk dengan deras ke dalam gawang hingga membuat Dang Van Lam tak berkutik. Skor berubah 1-0.

Akan tetapi, Armada Park Hang Seo langsung punya kesempatan untuk menyamakan kedudukan pada menit 27 setelah Nguyen Tien Linh lolos dari jebakan offside ketika menerima umpan terobosan dari lini tengah. Namun, striker andalan Vietnam itu malah menendang bola jauh dari sasaran, padahal dia sudah berdiri sangat bebas di kotak penalti.

Setelah itu, pertandingan berjalan cukup alot hingga memasuki menit-menit akhir babak pertama, tapi laga juga semakin keras karena kedua tim saling jegal di lini tengah dan terlibat dalam pelanggaran yang keras. Alhasil, skor 1-0 untuk keunggulan The War Elephants tetap bertahan hingga turun minum.

Editor : Mukmin Azis

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut