get app
inews
Aa Read Next : KPU Balikpapan Targetkan 200 Ribu Kertas Suara Sehari, Libatkan 150 Petugas Pelipatan

IKN Anugerah Bagi Pemuda Kaltim, Perguruan Tinggi Harus Berbenah

Jum'at, 07 April 2023 | 21:09 WIB
header img
Diskusi digelar Forum Muda Inspiratif Balikpapan (FMIB) di Conference Room Universitas Balikpapan, Jumat (7/4/2023).(Foto: ist)

BALIKPAPAN, iNewsBalikpapan.id - Pemindahan ibu kota negara (IKN) dari Jakarta ke wilayah Kalimantan Timur menjadi anugerah bagi pemuda daerah.

Hal itu disampaikan Ketua HIPMI PT Balikpapan, Agung Syahrir dalam diskusi yang digelar Forum Muda Inspiratif Balikpapan (FMIB) di Conference Room Universitas Balikpapan, Jumat (7/4/2023). 

Agung Syahrir menyampaikan IKN menghadirkan banyak peluang, yang harus dimaksimalkan.  

"Dengan adanya IKN banyak sekali peluang yang bisa kita dapatkan disana. Dari peluang bekerja sampai dengan peluang usaha di IKN," katanya dalam dalam kegiatan diskusi.

Agar peluang tersebut dapat diraih, maka sebagai pemuda harus meningkatkan skill yang dimiliki dengan cara mengikuti pelatihan yang diadakan otorita maupun pemerintahan.

 Karena bisa dipastikan kompetitor dari luar pasti banyak dan memiliki soft dan hard skill yang sangat bagus. 

'Dalam pembangunan IKN ini kita juga harus fokus dalam pengembangan SDM yang ada di Kalimantan Timur khususnya kepada pemudanya," ucapnya

Ia menyampaikan peningkatan ini memerlukan Kerjasama antar semua pihak. Sebab peningkatan SDM tidak bisa berjalan sendiri. 

Sementara itu, Rektor Universitas Balikpapan Isradi Zainal menyampaikan kepindahan IKN Nusantara terjadi karena keharusan sejarah. 

"Kita lihat pada zaman Bung Karno, Pak Harto dan Pak SBY sudah mencanangkan akan memindahkan IKN. Jadi pemindahan Ibu Kota sudah lama dicanangkan namun baru sekarang dapat direalisasikan. Sehingga program pemindahan IKN ke Kaltim menjadi tantangan bagi kita masyarakat Kaltim untuk mensukseskannya," tuturnya

Ia berpendapat pemindahan IKN adalah keputusan yang jenius. Sehingga pihaknya juga di perguruan tinggi Kalimantan Timur khususnya Balikpapan harus bisa meningkatkan daya saing dengan perguruan tinggi di luar yang sudah besar secara nama dan kualitas. 

"Perguruan tinggi di Kaltim harus berbenah dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan, sehingga dapat dirasakan kontribusi lulusan perguruan tinggi di Kaltim dalam pembangunan IKN," pungkasnya.

Pemindahan IKN akan membuat pemerataan ekonomi atau sebagai motor perekonomian baru. IKN juga harus memperhatikan masyarakat lokal yang ada. Sehingga masyarakat lokal memiliki peran dalam pembangunan IKN.  

Peran masyarakat lokal diperlukan agar pembangunan IKN dapat berjalan dengan lancar. Dan tidak terjadi kesenjangan antara masyarakat lokal dengan masyarakat dari luar Kaltim. 

"Jangan dilupakan peran masyarakat IKN, kiranya dapat menjadi bersama agar mereka tidak menjadi penonton. Untuk itu diperlukan peningkatan Pendidikan dan keterampilan sehingga memiliki daya guna dan mendukung pembangunan IKN. Artinya setelah memiliki Pendidikan dan keterampilan cukup tidak menjadi tertinggal dan mampu memberikan kontribusinya terhadap IKN," ungkapnya. 

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut