get app
inews
Aa Read Next : 9.018 Warga Binaan di Kaltim dan Kaltara Terima Remisi Lebaran

165 Sekolah di Kaltim Jadi Sekolah Penggerak, Terapkan Program Kurikulum Merdeka Belajar

Selasa, 20 Juni 2023 | 11:55 WIB
header img
Kegiatan sosialisasi program sekolah penggerak untuk pendidikan yang berkualitas digelar di Hotel Novotel Balikpapan, Senin (19/6/2023). (Foto: ist)

BALIKPAPAN, iNewsBalikpapan.id - Sebanyak 165 sekolah di provinsi Kalimantan Timur berstatus menjadi sekolah penggerak. Sejumlah sekolah penggerak tersebut menjadi percontohan bagi sekolah lainnya dalam menerapkan program kurikulum merdeka belajar.

"Kalau jumlah salah penggerak saat ini kita punya sebanyak 165 yang tersebar di 10 kabupaten kota. Paling banyak itu terdapat di kota Samarinda, hal itu karena kota Samarinda ini terbuka kepada dari angkatan 1 sampai angkatan 3 sama seperti di PPU. Tapi jumlah sekolahnya lebih banyak di Samarinda," kata Wiwik Setiawati, Kepala Balai Guru Penggerak Provinsi Kaltim dalam kegiatan sosialisasi program sekolah penggerak untuk pendidikan yang berkualitas di Hotel Novotel Balikpapan, Senin (19/6/2023).

Menurut Wiwik, sekolah penggerak ini adalah program transformasi sekolah dalam membangun pendidikan yang berkualitas.

Untuk menjadi sekolah penggerak, diawali dengan seleksi yang dimulai dari kepala sekolahnya. Apabila lulus maka sekolah yang ditempati oleh kepala sekolah bersangkutan menjadi sekolah penggerak. Dan akan diberikan pendampingan oleh Pemerintah Pusat selama 3 tahun.

"Pelaksanaan program sekolah penggerak ini di Kaltim sudah memasuki tahun ketiga. Dan untuk menjadi sekolah penggerak ini memang ada kuota yang diperebutkan seluruh Indonesia," ujarnya.

Ia menerangkan, dalam seleksi sekolah penggerak, setiap kepala sekolah akan mengikuti dua tahap seleksi, yang menulis essay mengenai sekolah yang merupakan skill kompetensi yang harus dimiliki oleh sekolah penggerak. Setelah itu akan melakukan simulasi belajar dan wawancara.

"Untuk menjadi sekolah penggerak ini memang harus ada komitmen dari kepala sekolah," ucapnya.

Untuk menjadi sekolah penggerak ini tidak menutup hanya pada sekolah negeri tapi juga memberikan kesempatan kepada sekolah swasta. "Kita punya banyak sekolah swasta yang kemudian menjadi sekolah penggerak. Sekolah penggerak ini nanti akan mendapatkan bantuan berupa BOS kinera," ungkapnya.

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut