get app
inews
Aa Read Next : Program PLN UIP KLT, Bantu Tekan Angka Stunting di Kaltim dan Kalsel

Ratusan Jemaah Haji Kloter Pertama Kaltim Disambut Gubernur Isran Noor

Minggu, 09 Juli 2023 | 17:07 WIB
header img
Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor menyambut kedatangan 298 jemaah haji kloter pertama asal Kalimantan Timur.

BALIKPAPAN, iNewsBalikpapan.id -Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor menyambut kedatangan 298 jemaah haji kloter pertama asal Kalimantan Timur di Embarkasi Asrama Haji Balikpapan, Minggu (9/7/2023).  

Ratusan jemaah haji tersebut tiba melalui debarkasi Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan. 

"Kegiatan ini (penyambutan) tidak wajib. Tapi ini sebagai rasa terimakasih kami kepada jemaah haji yang telah mendoakan yang terbaik bagi daerah dan Indonesia pada umumnya," kata Isran Noor. 

 Isran juga menyampaikan belasungkawa terhadap jemaah haji yang meninggal dunia selama mengikuti pelaksaan ibadah haji 1444 Hijriah. 

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara Haji (PPIH) Asrama Haji Balikpapan Abdul Khaliq mengatakan, proses pemulangan jemaah haji Indonesia 2023 mulai dilaksanakan sejak 8 Juli 2023 sampai 3 Agustus 2023.  

Adapun jemaah haji yang berangkat dari Asrama Haji Balikpapan terbagi menjadi 21 Kelompok Terbang (Kloter). 

Jemaah haji asal Kaltim berjumlah 2.676 orang, asal Sulteng 2.080 orang, Sulawesi Utara (Sulut) 756 orang dan Kalimantan Utara (Kaltara) 466 orang. 

Hingga saat ini, pihaknya mencatat jumlah jemaah haji yang meninggal dunia berjumlah 13 orang. 

Terdiri dari jemaah haji dari Kaltim tercatat 5 orang yang meninggal dunia, Sulut 4 orang dan Sulteng juga 4 orang.

"Kalau Kalimantan Utara tidak ada yang meninggal dunia, jadi semuanya 13 orang," katanya. 

Menurutnya, banyak para jemaah haji lansia di atas 60 tahun yang kelelahan saat melaksanakan rangkaian ibadah haji. 

"Ada satu orang jemaah yang memang meninggal dunia karena sakit. Namun kalau untuk Kloter 2 yang pulang hari ini jumlahnya lengkap, yakni 298. Seharusnya 299 namun satu orang tertinggal di Medan," ungkapnya. 

Selain itu, masih ada jemaah haji Indonesia asal embarkasi asrama haji Balikpapan yang masih tertinggal di Arab Saudi, karena alasan kondisi kesehatannya. 

Selain itu masih ada jemaah haji yang masih mendapat perawatan di Arab Saudi, jumlahnya 13 orang yang diketahui juga mengalami kelelahan setelah mengikuti rangkaian ibadah haji. 

Nantinya jemaah haji yang sudah dianggap sehat, akan ikut penerbangan di kloter selanjutnya.  

"Alhamdulillah tahun ini pelayanan haji berjalan baik sekali. Kementerian Agama juga telah bekerja dengan baik dengan tagline Ramah Lansia.

Jadi ke depannya Insyallah pelayanannya akan meningkat," tutup dia. 

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut