get app
inews
Aa Read Next : Selamat! Balikpapan Raih Adipura Kencana 2023, Kado HUT Kota ke-127

Pemkot Balikpapan MoU dengan 5 Distributor, Jamin Ketersediaan Pangan dan Kendalikan Inflasi

Rabu, 23 Agustus 2023 | 20:27 WIB
header img
Pemkot Balikpapan MoU dengan 5 Distributor, Jamin Ketersediaan Pangan dan Kendalikan Inflasi. (Foto: ist)

BALIKPAPAN, iNewsBalikpapan.idPemerintah Kota Balikpapan menjalin kerjasama bersama 5 distributor yakni PT Artam Kumalajaya, PT Sinar Pangan Borneo, PT Sinar Surya Wijaya Raya, PT Karya Prima Jaya dan Sinar Alam Nabati dalam menyediakan barang kebutuhan pokok dan barang penting dalam upaya pengendalian inflasi di kota Balikpapan.

Kesepakatan bersama (MoU) ini ditandai dengan penandatanganan antara wali kota dengan lima distributor di aula pemkot, Selasa (22/8/2023).

Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud menyampaikan apresiasi kepada tim pengendalian inflasi daerah kota Balikpapan.

Menurutnya sinergi dengan pemangku kepentingan dengan pelaku usaha bahan barang kebutuhan pokok penting, harus dibangun terus untuk memastikan ketersedian pangan yang memadai demi menjaga inflasi daerah.

 “Dalam menjaga keseimbangan inflasi selaku wali kota Balikpapan telah mengeluarkan SK tentang peta jalan pengendalian inflasi kota Balikpapan tahun 2022-2024,” kata Rahmad. 

Lanjutnya Pemkot Balikpapan telah menjalankan strategi pengendalian inflasi daerah yakni dengan ketersedian pasokan, keterjangkauan harga, kelancaran distribusi dan komunikasi yang efektif. 

Rahmad membeberkan bahwa Pemkot Balikpapan dan TPID juga memiliki program unggulan yakni operasi pasar atau pasar murah, ketahanan pangan strategis, kerjasama antara daerah pemasok pangan, dukungan subsidi ongkos angkut, penguatan infrastruktur teknologi informasi.

“Dengan program tersebut diharapkan mampu mengendalikan inflasi daerah dengan mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang berkualitas, pengentasan kemiskinan juga membuka kesempatan kerja yang luas,” harapnya.

Selain kerjasama dengan 5 distributor pangan barang kebutuhan pokok, juga dilakukan penandatangan naskah Hibah dan berita acara serah terima renovasi bangunan untuk lokasi pembuatan bahan bakar jumputan padat antara UPDK PLN dan UPTD TPA Manggar.

“Pemkot menyampaikan menyampaikan penghargaan kepada PLN. Bantuan hibah beserta mesin operasional dengan nilai Rp1 miliar lebih,” sebutnya.

Pada kesempatan sama Kabag Perekonomian Sekdakot Sri Hartini Anugraha menambahkan kerjasama ini akan diperluas dengan distributor lainya. Kerjasama ini upaya bersama untuk menjaga ketersedian pasokan dan pengendalian inflasi daerah.

 “Itu bagian kegiatan pengendalian dalam rangka strategi pemenuhan barang kebutuhan pokok,” ucapnya.

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut