get app
inews
Aa Read Next : Menparekraf Perkuat Literasi Digital Santri di Balikpapan Lewat Santri Digitalpreneur

Sambut IKN Nusantara, Bandara Sepinggan Sukses Gelar Skenario Simulasi Keadaan Darurat Skala Besar

Jum'at, 25 Agustus 2023 | 07:24 WIB
header img
Sambut IKN Nusantara, Bandara Sepinggan Sukses Gelar Skenario Simulasi Keadaan Darurat Skala Besar. (Foto: AP 1 Bandara Sepinggan)

BALIKPAPAN, iNewsBalikpapan.id – Persiapan sebagai bandara penunjang Ibu Kota Negara Nusantara (IKN), PT Angkasa Pura I cabang Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan menggelar Latihan Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD) Ke 111 sekala besar. 

Skenario simulasi mulai dari penanganan kecelakaan pesawat di sisi barat runway, penanganan demo dan teroris yang membawa bom di area loby kedatangan serta terakhir kebakaran di restoran lantai 3 bandara.

Disamping penangan pada saat kejadian, juga ada latihan penangan pasca kejadian yang meliputi penanganan keluarga korban serta simulasi media handling.

Gelaran simulasi ini melibatkan 650 personil gabungan dari PT Angkasa Pura I, TNI Angkatan Udara Dhomber , Otoritas Bandara Wilayah VII, Basarnas Kota Balikpapan, Brimob Polda Kaltim, Polres Balikpapan, Polsek Kawasan Bandara, Koramil 0905/03 Balikpapan, Perum LPPNPI Cabang Balikpapan, dan Rumah sakit setempat 

General Manager Bandara SAMS Sepinggan, Ahmad Syaugi Shahab mengatakan pelaksanaan PKD ini merupakan wujud komitmen Angkasa Pura I dalam mewujudkan layanan Bandara yang mengutamakan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan yang terbaik untuk pengguna jasa.

"Latihan ini memastikan fungsi koordinasi antar instansi dalam menangani peristiwa yang terjadi di salah satu obyek vital Negara yaitu Bandara dan kesiapan menyambut Ibu Kota Nusantara, " kata dia. 

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut