get app
inews
Aa Read Next : Pemerintah Bakal Buka Formasi CPNS Khusus Putra-Putri Kalimantan 

Universitas Balikpapan Dirikan Fakultas Kedokteran, Dukung Pelayanan Kesehatan di IKN Nusantara

Selasa, 05 September 2023 | 05:33 WIB
header img
Penandatanganan naskah kerja sama pendirian Fakultas Kedokteran Universitas Balikpapan. (Foto: YOVANDA NONI)

BALIKPAPAN, iNewsBalikpapan.id - Sebagai langkah mengambil bagian mendukung pelayanan Kesehatan di Ibu Kota Nusantara (IKN), Universitas Balikpapan (Uniba) mendirikan Fakultas Kedokteran. Uniba merupakan kampus swasta pertama di Kalimantan Timur (Kaltim) yang berani membangun fakultas kedokteran.

Untuk mencetak dokter, Uniba menggandeng Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) IA Moeis Samarinda.

Ketua Dewan Pembina Yapenti Dharma Wirawan Kaltim Rendi S Ismail mengatakan, sangat bersyukur Uniba dapat bekerjasama dengan RSUD IA Moeis Samarinda. Pihaknya berharap Kerjasama itu dapat berjalan lancar hingga terbitnya izin pendirian dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

“Saya bersyukur fakultas kedokteran Uniba dapat bekerjasama dengan RS IA Moes dan tentu kami berterimakasih pada Pemkot Samarinda. Kerjasama ini sudah kami tunggu, mudah-mudahan semua proses pendirian fakultas kedokteran lancar,” kata Rendi S Ismail.

Diperkirakan, ujar Rendi S Ismail, izin operasional akan terbit pada Bulan November 2023. Setelah itu, pihaknya akan langsung menyiapkan sarana-prasarana kampus mulai dari gedung hingga rencana pembangunan Rumah sakit Pendidikan Uniba.

"Izin operasional paling November sudah diterima. Setelah itu, kita persiapan penerimaan mahasiswa di tahun 2024. Kita siapkan pembangunan kampus dan pembangunan RS Pendidikan, paling tidak 5 tahun ke depan sudah disiapkan,” tutur dia.

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut