get app
inews
Aa Read Next : Elon Musk Kembali Jadi Orang Terkaya Kedua di Dunia, Begini Penyebabnya

Profil Forrest Li, Pendiri dan Pemilik Shopee Segini Harta Kekayaannya

Senin, 18 September 2023 | 07:41 WIB
header img
CEO dan Pendiri Shopee, Forrest Li (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsBalikpapan.id - Platform e-commerce Shopee dikenal luas di berbagai negara, bahkan populer di Indonesia. Meski demikian, belum banyak orang yang tahu siapa pemilik Shopee dan sumber kekayaannya. 

Shopee didirikan oleh Forrest Li, CEO dan pendiri SEA Ltd yang menjadi induk Garena dan Shopee. Dia menduduki peringkat ke-7 orang terkaya di Singapura. Total kekayaan Forrest Li per Juni 2023 tercatat sebesar 5 miliar dolar AS atau sekitar Rp76,835 triliun.

Forrest Li memiliki nama asli Li Xiaodong. Dia lahir di Tianjin, China, pada 1977, namun kemudian pindah dan menetap serta menjadi warga negara Singapura sekitar 18 tahun lalu, tepatnya pada 2005. 

Pengusaha yang akrab disapa Mr Li atau Li tersebut, pernah kuliah jurusan teknik di Universitas Shanghai. Dia kemudian melanjutkan pendidikan ke Stanford University dan mengambil gelar Master jurusan Administrasi Bisnis. 

Saat menempuh kuliah di Stanford ini lah, Li memutuskan memakai nama sebutan baru, yaitu Forrest, karena dosennya kesulitan membaca namanya. Nama itu diambilnya dari film Forrest Gump yang dibintangi aktor Tom Hanks.

Saat kuliah, Li dikenal banyak menghabiskan waktu dengan bermain gim di warnet, namun pada saat bersamaan, dia mulai terjun ke dunia bisnis digital. 

2009, Li mendirikan Garena, perusahaan pengembang game yang menaungi sejumlah game populer, seperti Garena Free Fire 2017 hingga Call of Duty Mobile 2019. Untuk mendirikan Garena, Li mendapat investasi dan bimbingan dari industri besar China, yaitu Tencent. 

Berkat kepiawaiannya mengembangkan bisnis, Garena Free Fire berkembang pesat dalam waktu relatif singkat, diunduh lebih dari 500 juta kali dan memiliki lebih dari 80 juta pengguna aktif harian. 

Puncaknya, gim tersebut dimainkan oleh 100 juga pengguna harian pada kuartal II 2020, yakni saat puncak pandemi Covid-19. Hal tersebut membuat Garena Free Fire masuk dalam game yang paling banyak diunduh sepanjang masa. Kemudian, Garena beralih nama menjadi Sea Ltd (Southeast Asia).

Pada 2015, Li mendirikan Shopee untuk produk e-commerce serta AirPay atau kini berganti nama menjadi SeaMoney untuk layanan keuangan digital. Dengan kekuatan modal, Shopee merambah ke sejumlah negara di kawasan Asia Tenggara, Asia Timur, serta Amerika Serikat (AS). 

Dengan jaringan bisnisnya tersebut, Forbes mencatat total kekayaan Forrest Li sebesar 5 miliar dolar AS atau sekitar Rp76,835 triliun per Juni 2023. Hampir semua kekayaan itu dalam bentuk saham Sea Ltd yang tercatat di Bursa Efek New York (NYSE/Wall Street).

Demikian informasi seputar siapa pemilik Shopee, platform e-commerce yang terkenal di berbagai negara, termasuk Indonesia. 

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut