get app
inews
Aa Read Next : Menparekraf Perkuat Literasi Digital Santri di Balikpapan Lewat Santri Digitalpreneur

Ciptakan UMKM Siap Ekspor, PLN UIP KLT Beri Pendampingan Usaha Mikro Kecil di Balikpapan

Selasa, 31 Oktober 2023 | 15:33 WIB
header img
Ciptakan UMKM Siap Ekspor, PLN UIP KLT Beri Pendampingan Usaha Mikro Kecil di Balikpapan. (Foto: ist)

BALIKPAPAN, iNewsBalikpapan.id – PLN Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Timur (UIP KLT) terus berkomitmen melakukan pengembangan masyarakat di sekitar wilayah kerja. Salah satunya melaksanakan pembinaan kepada 4 Usaha Mikor Kecil Menengah (UMKM) yang tergabung dalam kelompok Grin Generations.

Pembinaan tersebut juga sebagai wujud implementasi Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Timur agar terciptanya pembangunan yang berkelanjutan atau Sustainability Development Goals (SDG’s) target 8.2 dimana PLN berpartisipasi dalam meningkatkan produktivitas ekonomi yang lebih tinggi sehingga akan menigkatkan laju pertumbuhan PDB per tenaga kerja. 

Dalam pelaksanaannya, PLN UIP KLT mendampingi para UMKM tersebut untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas UMKM agar semakin berkelas. Pembinaan dan pendampingan yang dilakukan terhadap produk UMKM yang memiliki ciri khas, yakni kopi mangrove, cookies buah naga, mandai crispy dan Mandau.

“PLN UIP KLT ingin berkontribusi untuk lebih meningkatkan UMKM tersebut agar menjadi UMKM yang dapat memperluas pasar di luar negeri. Sehingga para UMKM ini bisa terus bersaing dan memperkenalkan produknya pada dunia,” ungkap General Manager PLN UIP KLT, Josua Simanungkalit pada Kamis (26/10/2023).

PLN UIP KLT juga bekerjasama dengan PLUT Kaltim untuk pembinaan dan pendampingan 4 UMKM. Pendampingan yang dilakukan selama kurun waktu 6 bulan dengan memperhatikan banyak faktor dalam meningkatkan kualitas produk masing-masing. Mulai dari peralatan, pengolahan, pengemasan hingga pengiriman produk ke luar negeri. 

“Kami selalu mendukung seluruh proses berkembangnya UMKM dari awal bahkan hingga menjadi UMKM yang protensial untuk ekspor ke luar negeri. Dari pendampingan ini diharapkan produk yang dihasilkan benar-benar layak, berkualitas, higienis, dan punya nilai jual tinggi. Dan hal itu akan berdampak pada peningkatan omzet mereka,” pungkas Josua.

Ketua dari Kelompok UMKM Grin Generations Asmita Nova menyampaikan ucapan terima kasih atas program pendampingan yang diberikan oleh PLN kepada 4 UMKM yang ada di Grin Generations. 

“Alhamdulillah, berkat program pembinaan dan pendampingan ini, beberapa UMKM mengalami peningkatan kapasitas produksi mencapai 5 kali lipat, sehingga dengan produksi yang meningkat, omzet kami pun meningkat karena kami lebih bersemangat untuk terus memperluas pasar produk kami. Dan beberapa dari kami juga tengah menyiapkan dan memantaskan diri untuk masuk ke pasar ekspor,” jelas Nova.

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut